Penampakan iPhone 12 mini Terungkap, Masih Layak di 2020?

Teknologi.id . November 01, 2020
Foto: YouTube/George Buhnici

Teknologi.id - Seperti diketahui, Apple telah meluncurkan lini smartphone terbarunya, iPhone 12, pada 14 Oktober lalu. Meski begitu, baru iPhone 12 dan iPhone 12 Pro yang sudah mulai dijual di pasaran sejak 23 Oktober lalu, sedangkan untuk iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max baru akan memasuki masa pre-order minggu depan, tepatnya 6 November mendatang.

Yang menarik perhatian adalah iPhone 12 mini, dimana semakin mendekati jadwal penjualannya, semakin banyak orang yang penasaran seberapa kecil ukuran perangkat iPhone 12 mini tersebut nantinya.

Namun, rasa penasaran publik sepertinya bisa sedikit terjawab berkat seorang blogger asal Rumania, George Buhnici, yang mengungkap penampakan asli iPhone 12 mini dalam sebuah video hands-on.

Dalam video hands-on iPhone 12 mini yang diunggah di YouTube tersebut, memperlihatkan ukurannya yang cukup mungil jika dibandingkan dengan seri iPhone 12 lainnya.

Buhnici membandingkan ukuran iPhone 12 mini dengan iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Saat disandingkan, ukuran iPhone 12 mini terlihat sangat mungil dibandingkan saudaranya.

Baca juga: iPhone 12 Diduga Tingkatkan Polusi Udara, Kok Bisa?

Video hands-on tersebut hanya bertahan sebentar saja di platform YouTube, karena tidak lama kemudian, video berdurasi 40 menit itu dihapus oleh Buhnici, entah apa alasannya. Berikut ini beberapa hasil tangkapan layar yang berhasil menangkap momen perbandingan ukuran iPhone 12 mini.

iPhone 12 mini dibandingkan dengan iPhone 12. Foto: YouTube/George Buhnici


Ukuran iPhone 12 mini yang menggunakan layar berukuran 5,4 inci, terlihat perbedaan dimensi cukup signifikan dengan iPhone 12 standar yang menggunakan layar berukuran 6,1 inci.

iPhone 12 mini dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max. Foto: YouTube/George Buhnici


Begitupun saat disandingkan dengan iPhone 11 Pro Max, ukuran iPhone 12 mini semakin tenggelam terhadap seri tertinggi seri iPhone 11 tersebut yang menggunakan layar berukuran 6,5 inci.

Baca juga: Belum Usai Euforia iPhone 12, Rumor iPhone 13 Sudah Beredar

Saat event peluncuran 14 November lalu, Apple mengatakan iPhone 12 mini memiliki layar yang lebih besar dibandingkan iPhone SE 2020 meski bodinya lebih kecil karena memiliki desain edge-to-edge tanpa bezel.

Dibandingkan dengan iPhone SE 2020, dimensi tinggi iPhone 12 mini lebih pendek 7mm, dan lebarnya lebih pendek 3mm. iPhone 12 mini juga menjadi iPhone dengan angka pixels-per-inch terbesar yaitu 476 ppi.

Buhnici juga memperlihatkan bagaimana iOS 14 dioptimalkan untuk layar 5,4 inch yang digunakan iPhone 12 mini, sekaligus melihat teknologi kameranya.

Bila dibandingkan dengan iPhone 12 standar, iPhone 12 mini memiliki kapasitas baterai dan ukuran layar yang lebih kecil. Namun selain itu, spesifikasi yang dibawanya sebenarnya sama seperti iPhone 12 standar. Harganya juga USD 100 lebih murah dibandingkan iPhone 12, mulai dari USD 699.

Kanal pemesanan iPhone 12 mini bakal dibuka bulan depan, bersamaan dengan iPhone 12 Pro Max, tepatnya pada 6 November mendatang. Adapun penjualan perdana kedua iPhone ini bakal digelar beberapa hari kemudian, tepatnya pada 13 November mendatang.

Setelah melihat penampakan iPhone 12 mini di atas, bagaimana menurut kalian? Apakah ingin beralih dari flagship berukuran besar ke iPhone 12 mini? Atau justru ukuran iPhone 12 mini sudah terlalu kecil untuk smartphone di tahun 2020 ini?

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler