Kenalan dengan Marketing Technology, Yuk!

Super Intern . December 17, 2020

Foto: Entrepreneur

Teknologi.id - Marketing technology, disebut juga dengan martech, merupakan hal utama yang dapat meningkatkan keberhasilan pemasaran suatu bisnis atau perusahaan. Nah, para marketer wajib memahami dan menguasainya dengan baik agar pemasaran berjalan dengan baik.

Dilansir dari Optimove, marketing technology atau martech atau teknologi pemasaran adalah sebuah alat pemasaran yang membantu pekerjaan marketer. Dengan menggunakan berbagai alat pemasaran, maka strategi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Secara umum, teknologi pemasaran memanfaatkan sistem automasi untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam pekerjaan berulang. Dengan adanya mesin, kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat dan cepat.

Selain itu, para marketer juga bisa memfokuskan pada hal-hal lainnya yang membutuhkan perhatian lebih dalam kegiatan sehari-hari. Teknologi pemasaran tidak hanya bisa digunakan untuk pemasaran yang bersifat digital, tetapi juga untuk pemasaran secara langsung atau offline.

Jenis-jenis Teknologi Pemasaran

Berikut ada beberapa jenis teknologi pemasaran yang bisa kamu ketahui. Yuk, kita simak!

1. Periklanan

Teknologi pemasaran yang cukup sering digunakan ialah periklanan. Bahkan, perusahaan teknologi raksasa seperti Google telah menyajikan alat pemasaran yang banyak untuk mempermudah dan meningkatkan efektivitas pemasangan iklan, khsususnya di internet.

Contoh alat teknologi pemasaran yang biasa digunakan antara lain: Google Search Ads dan Facebook Ads.

2. Analitik

Sebagai marketer, tentu paham betul bahwa mengukur keberhasilan suatu pemasaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Proses pengumpulan data statistik kini dipermudah dengan tberbagai alat analitik yang ada.

Beberapa alat analitik yang paling banyak diketahui oleh banyak marketer dan sering digunakan dalam teknologi marketing ialah Google Analytics dan Amplitude Analytics. Dengan mengontrol hasil yang diperoleh setelah suatu kampanye pemasaran diluncurkan dengan alat analitik, kita bisa mengetahui efektif atau tidaknya strategi tersebut.

3. Manajemen Konten

Konten merupakan salah satu cara calon konsumen menemukan suatu bisnis yang paling mudah dan efektif. Untuk itu, suatu konten perlu untuk dikelola sampai maksimal agar konsumen tertarik dengan konten yang kita buat.

Jika tidak dilakukan secara maksimal, maka akan sulit bagi suatu bisnis diketahui oleh calon konsumen mengenai barang atau jasa yang ditawarkan di internet. Alat pemasaran manajemen konten dapat menjadi alat bantu dalam mempromosikan barang atau jasa dan marketer perlu memperhatikan hal sedetil mungkin dalam menyusun dan membuat sebuah konten.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

4.  Customer relationship management (CRM)

Efisiensi sebuah sistem CRM menjadi kunci utama dalam teknologi pemasaran. CRM mampu meningkatkan ROI dan lebih menguntungkan dari waktu ke waktu. Beberapa sistem CRM yang lumayan populer antara lain: HubSpot, Marketo, dan Salesforce.

Baca juga: 7 Kegunaan Google My Business yang Wajib Dimanfaatkan UMKM

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai teknologi pemasaran dan beberapa alatnya. Semoga membantu kamu dalam memahami dunia pemasaran, ya!

(bal)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler