Ikuti Tips 5 Menit Ini untuk Mempercepat Internet di HP

Teknologi.id . January 20, 2021

Foto: TechnoBabele

Teknologi.id - Saat ini internet seakan sudah menjadi suatu kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat dunia. Pasalnya, hampir semua kegiatan dan pekerjaan saat ini membutuhkan koneksi internet. Nah, apa jadinya jika koneksi internet tidak stabil atau bahkan tidak terhubung ke jaringan?

Terutama untuk perangkat smartphone atau HP, tentunya akan menjadi masalah besar, dimana hampir seluruh aplikasi di HP saat ini membutuhkan koneksi internet.

Produktivitas menjadi berkurang karena untuk membuka email atau browsing terasa lambat.  Streaming film yang terus-terusan buffering, hingga bermain game yang terganggu lagging.

Lalu adakah cara mempercepat koneksi internet di HP dengan mudah? Nah, untungnya Teknologi.id sudah merangkum beberapa tips mempercepat internet di HP dengan mudah dan anti ribet, bahkan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menerapkannya.

Baca juga: Kenapa Smartphone Terbaru Tak Lagi Pakai Baterai Removable?

1. Gunakan Ad-Blocker

Foto: VentureBeat

Lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone ditentukan oleh berbagai hal, salah satunya akibat kita tidak memblokir iklan.

Asal kamu tahu, keberadaan iklan ketika kita browsing di internet lewat smartphone juga akan membuat internet jadi lemot, karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan. Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80% kuota internet, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.

Untuk itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti Opera Browser atau UC Browser. Cara mempercepat koneksi internet ini sangat mudah dilakukan kan?

2. Hapus Cache

Foto: Android Central

Cache adalah salah satu hal yang sering terlupakan ketika kita merasa internet di HP kita lambat. Namanya HP, sudah pasti perangkat ini akan menyimpan banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi Internet untuk bisa berfungsi dengan baik.

Karena aplikasi itu seiring digunakan, maka mereka akan menyimpan cache yang jika dibiarkan menumpuk hingga semakin besar akan membuat performa HP menjadi lambat. 

Kenapa bisa begitu? Karena cache yang menumpuk akan memakan penyimpanan internal HP dan efeknya akan mempengaruhi koneksi internet. Karena masalah cache ini, ada dua cara mempercepat koneksi internet di HP yang bisa kamu lakukan. Pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pembersih seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

Kalau mau rajin sedikit, kamu bisa menghapus cache di aplikasi secara satu per satu, dengan masuk ke menu settings - aplikasi - pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya - clear cache - lanjutkan di aplikasi berikutnya.

Baca juga: Ke Mana Perginya File yang Terhapus dari HP? Ini Jawabannya!

3. Atur di Jaringan 4G

Foto: KlikDokter

Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, kenapa mesti menggunakan jaringan yang di bawah itu lagi? Jika memang kamu ingin koneksi internet cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA.

Lain kisahnya jika HP yang kamu pakai hanya mendukung jaringan 2G dan WCDMA, biasanya hp yang cuma mendukung jaringan itu merupakan smartphone Android jadul. 

Untuk mengaktifkan jaringan "3G Only" atau "4G Only", kamu masuk ke settings - more - mobile network - network mode - pilih jaringan "3G Only" atau "4G Only".

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer, fungsi aplikasi ini adalah untuk mempercepat koneksi Internet hingga 200%. Aplikasi canggih ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan.

4. Aktifkan Data Saver

Foto: Android Authority

Kebanyakan browser yang digunakan smartphone masa kini sudah dibekali dengan fitur "Data Saving". Fitur ini berfungsi untuk menghemat kuota internet. Selain itu, fitur ini ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet Android kamu.

Kamu bisa mematikan muatan gambar atau mengompres gambar di browser menjadi ukuran paling kecil. Dengan begitu, proses loading yang terjadi di browser HP menjadi semakin cepat dan ringan.

5. Gunakan Aplikasi VPN

Foto: MacWorld.UK

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi jaringan internet di Indonesia tidaklah stabil, antar area bisa berbeda kekuatan koneksinya, sampai untuk sekadar Googling saja sampai ngos-ngosan menunggu loadingnya. Di sinilah cara mempercepat koneksi internet di HP Android berikutnya bekerja, yaitu dengan menggunakan aplikasi VPN.

Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, tinggal pilih mana yang punya rating bagus. Selain bisa mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN juga bisa dimanfaatkan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.

Cara kerja VPN untuk fitur ini adalah dengan mengubah alamat IP kamu dengan VPN khusus yang bisa mempercepat koneksi internet, tentunya asalkan terhubung dengan IP yang tepat ya.

Baca juga: Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti 'Nyampah'

6. Matikan Tethering

Foto: Pinterest

Tethering merupakan sebuah aktivitas yang berfungsi menjadikan ponsel pintar kamu menjadi semacam hotspot. Singkatnya, kamu dapat menjadikan HP Android sebagai WiFi portable lalu membagikan koneksinya kepada teman-teman.

Namun, karena jaringan internetnya terbagi-bagi, maka kamu harus siap berbagi bandwith dengan perangkat lain. Jika kamu ingin membuat jaringan internet kamu lebih cepat, tentu kamu harus mematikan fitur ini, sehingga membuat jaringan internet terfokus kembali di HP kamu.

7. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Foto: Tom's Guide

Tidak jarang, saat sedang asyik menggunakan smartphone Android, kita tidak sadar membiarkan banyak aplikasi aktif tanpa dimatikan. Padahal, hal ini bisa memperlambat performa ponsel kamu karena kinerja RAM menjadi semakin berat guna mengakomodir semua aplikasi yang terbuka itu. 

Efeknya tentu saja berengaruh pada kecepatan berselancar di internet. Kinerja HP akan menjadi sangat berat dan akan memperlambat koneksi internet kamu.

8. Atur User Agent di HP

Foto: Google Developers

Sekarang sudah ada banyak website yang sudah dibuat responsif agar bisa secara otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka melalui perangkat mobile seperti smartphone. Walau begitu, terkadang masih ada orang yang ternyata tetap memaksa menggunakan tampilan web komputer di HP.

Padahal ini akan membuat koneksi internet lebih berat. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengubah user agent di browser menjadi Mobile. Perubahan user agent ini ditujukan agar data dikompres agar sesuai dengan tampilan Mobile.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler