Cara Mengosongkan Storage WhatsApp, Anti 'Nyampah'

Annisa Fadillah . December 20, 2020

Foto: Gadgets360

Teknologi.id - WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi chatting paling populer di Indonesia. Hampir setiap hari orang melakukan komunikasi jarak jauh melalui WhatsApp dengan fitur chat, audio call, hingga video call. WhatsApp sendiri menyediakan layanan untuk saling mengirim dan menerima file dalam bentuk yang bermacam-macam; seperti mp3, jpg, pdf, dan bahkan video.

Untuk mendukung layanannya agar semakin relevan, WhatsApp juga kini tengah mengembangkan layanan audio dan video call untuk WA Dekstop. Meski diluncurkan ke penggunanya secara bertahap, ini merupakan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, dimana layanan teleconference meroket tajam akibat lockdown dan PSBB.

Baca Juga: Aduh, Ini Ciri-ciri WhatsApp Kamu Diblokir Mantan

Tak dipungkiri jika pandemi COVID-19 ini mengubah kebiasaan banyak hal. Beberapa kegiatan konvensional yang membutuhkan pertemuan seperti rapat, interview kerja, sekolah, kuliah, hingga sidang skripsi harus dilakukan secara online. Mengirim tugas dan laporan juga bisa melalui WhatsApp. Tak jarang jika sebagian besar pengguna mengeluhkan penuhnya storage atau ruang penyimpanan untuk WhatsApp.

Namun, para pengguna kini tidak perlu khawatir lagi. WhatsApp sebagai layanan chatting milik Facebook ini, menghadirkan fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengosongkan penyimpanan. Dengan fitur ini, pengguna tidak lagi harus menghapus file secara manual melalui galeri atau aplikasi file untuk membersihkan penyimpanan yang ditempati oleh media WhatsApp.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Berikut adalah langkah praktisnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang telah di-update ke versi terbaru
  2. Jika WhatsApp Anda masih di versi lama, silahkan meng-update melalui PlayStore atau AppStore
  3. Setelah membuka aplikais WhatsApp, ketuk Setelan
  4. Masuk ke menu Penyimpanan dan Data
  5. Pilih Kelola Penyimpanan
  6. Di menu tersebut, Anda dapat mengelola penyimpanan dan data

Baca Juga: Daftar Ponsel yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Tahun Depan

Bagaimana caranya, mudah bukan? Dengan begitu, Anda dapat melihat obrolan di room mana saja yang memakan banyak ruang serta file apa yang terlihat 'nyampah'. Anda juga bisa melakukan penghapusan item yang dirasa perlu untuk disingkirkan. Selamat mencoba!

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler