Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Teknologi.id . July 17, 2020


Foto: Tom's Guide


Teknologi.id - Kemunculan iklan di smartphone Android, entah itu iklan yang muncul ketika browsing menggunakan aplikasi browser atau pun iklan yang muncul bahkan saat kita tidak sedang menggunakan aplikasi apa pun, pastinya akan sangat mengganggu.

Terlebih bila iklan tersebut berisi malware yang mengancam keamanan perangkat dan data pribadi kita. Salah-salah klik sedikit malah data pribadi bisa melayang.

Nah, sebenarnya untuk mengatasi kemunculan iklan di Android ini cukup mudah dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba dengan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan apa pun. Bagaimana caranya?

Baca juga: Cara Transfer Data WhatsApp dari Ponsel Lama ke Smartphone Baru

1. Cara Menghilangkan Iklan di Browser Chrome


Foto: Adlock


Sering menggunakan browser Google Chrome untuk browsing di smartphone Android? Cara ini bisa kalian gunakan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu tersebut.

Pertama buka aplikasi Google Chrome dan klik tiga titik vertikal yang ada di sisi kanan atas kemudian pilih menu Settings.

Scroll ke bawah hingga ke opsi Site Settings dan klik opsi Pop-ups and redirects. Klik toggle yang ada hingga menjadi abu-abu dan untuk memblokir iklan pop-up.

Kalian juga bisa memblokir iklan di situs tertentu dengan klik opsi Ads yang ada di bawah opsi Pop-ups adnd redirects. Kemudian kik toggle yang ada hingga berwarna abu-abu untuk memastikan iklan sudah terblokir.

2. Cara Menghilangkan Iklan dengan Adclear


Foto: Adclear


Cara berikutnya adalah dengan menginstal aplikasi Adclear yang bisa menghilangkan iklan baik di aplikasi ataupun browser kalian. Kamu bisa langsung download aplikasinya secara gratis di Google Play Store.

Setelah memastikan aplikasi tersebut terpasang, maka kamu bisa langsung buka aplikasinya dan aktfikan fitur untuk memblokir iklan. Untuk cara lengkapnya, perhatikan langkahnya di bawah ini.

- Download Adclear dari Google Playstore

- Untuk memulai, klik tombol Power, lalu saat muncul pemberitahuan VPN klik OK dan tunggu hingga proses selesai

- Selesai

Namun bila dengan cara tersebut iklan masih muncul, maka kamu bisa buka kembali Adclear lalu pilih Advance Protection.

- Pilih Enable Advance Protection, nanti kamu bakal diminta install sertifikat

- Saat muncul, klik tombol OK

- Selesai, Android kalian pun akan terbebas dari iklan

Baca juga: 4 Cara Membaca Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim

3. Cara Menghilangkan Iklan dengan Adguard


Foto: Adguard


Jika smartphone Android kalian menggunakan browser selain Google Chrome, ada juga cara tersendiri untuk menghilangkan iklan di browser tersebut dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Caranya kalian cukup mengunduh aplikasi Adguard Content Blocker di Google Play Store atau langsung dari situs Adguard. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis, tapi versi gratisnya hanya terbatas untuk menghilangkan iklan di browser. Sedangkan versi berbayarnya bisa menghilangkan iklan di aplikasi lainnya.

Aplikasi ini juga bisa menghilangkan iklan tanpa root karena AdGuard bisa bekerja di mode VPN mirip seperti Adclear.

4. Cara Menghilangkan Iklan Tanpa Aplikasi


Foto: Google Play


Cara ini bagi kalian yang tidak mau ribet untuk mengunduh aplikasi tambahan. Selain bisa menghilangkan iklan, cara ini juga bisa membuat perangkat kalian menjadi lebih aman.

Langkah pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang bermasalah. Tekan tombol power dan tahan opsi Power Off di layar untuk me-restart smartphone kalian di safe mode.

Kemudian hapus aplikasi yang baru saja kalian download satu per satu. Setiap menghapus satu aplikasi, restart perangkat kalian seperti biasa untuk melihat apakah aplikasi yang baru dihapus itu telah menyelesaikan masalah.

Baca juga: 10 Tips Jualan di Instagram Ampuh Bikin Olshop Banjir Orderan!

Setelah menemukan dan menghapus aplikasi yang bermasalah, kalian bisa melindungi smartphone kalian dari aplikasi jahat yang terkadang membawa adware atau pun malware dengan mengaktifkan fitur Play Protect.

Caranya buka aplikasi Google Play Store lalu klik menu yang berada di sisi kiri atas. Kemudian scroll ke menu Play Protect, dan klik ikon gigi roda yang ada di sisi kanan atas.

Setelah itu klik toggle 'Scan device for security threats' hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan Play Protect.

Dengan cara tersebut, perangkat kalian bakal lebih aman sehingga iklan-iklan mengganggu akan lenyap, begitu pun aplikasi-aplikasi berbahaya yang mengincar data pribadi kalian.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler