Benarkah Blue Filter Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur?

Muhammad Iqbal Mawardi . May 04, 2021

Foto: Pexels

Teknologi.id – Blue filter atau eye comfort merupakan fitur pada smartphone yang dapat mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone itu sendiri. Penggunaan filter ini sudah banyak disematkan pada aplikasi smartphone maupun browser web.

Terdapat sebuah teori yang mengatakan bahwa penggunaan blue filter ini diklaim dapat membantu meningkatkan kesehatan mata saat pengguna melihat layar dalam waktu lama, dan dapat meningkatkan kualitas tidur setelah melihat ponsel.

Berdasarkan riset baru yang dilakukan peneliti di Universitas Brigham Young dan Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati, mereka mengatakan bahwa blue filter tak berpengaruh pada kualitas tidur seseorang.

Dilansir dari Ubergizmo, penggunaan filter dan mode Night Shift yang ada di iOS tidak membuktikan apapun pada kualitas tidur seseorang. Sekalipun Apple mengatakan jika fitur tersebut dapat mengurangi ketegangan pada mata.

Baca juga: Cuma Disuruh Tidur Dibayar Rp28 Juta, Mau?

Riset tersebut melibatkan 167 peserta dengan rentang usia sekitar 18 hingga 24 tahun. Terdapat tiga kategori yang ditanyakan kepada peserta pengguna iPhone di malam hari.

Mereka menggunakan akselerometer untuk memantau aktivitas tidur.  Setelah meninjau data-data seperti seberapa sering mereka bangun saat tertidur dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, studi akhirnya menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kualitas tidur antara ketiga kelompok tersebut.

Guna mengetahui penyebabnya lebih lanjut, peneliti kemudian membagi peserta dalam dua kelompok, yakni mereka yang tidur kurang dari 6 jam dan yang tidur lebih dari 7 jam dalam semalam.

Dari hasilnya, terdapat sedikit perbedaan pada kualitas tidur mereka. Artinya, fitur filter cahaya biru sebenarnya tidak memengaruhi kualitas tidur pengguna, sekalipun menggunakan ponsel sebelum tidur di malam hari.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler