7 Situs Gratis Terbaik untuk Melacak Silsilah Keluarga

Fabian Pratama Kusumah . February 23, 2021

Foto:  RTDL

Teknologi.id – Melacak silsilah keluarga yang dimiliki memang cukup sulit. Pada era digital saat ini, teknologi memudahkan berbagai hal termasuk mencari silsilah keluarga.

Terdapat situs-situs yang menyediakan alat, panduan, dan akses yang berharga ke database yang dipenuhi dengan data historis.

Berikut 7 situs yang dapat diakses gratis untuk melacak silsilah keluarga yang disadur dari MUO. Sebagai catatan, situs ini tidak memiliki seluruh database keluarga sehingga ada kemungkinan silsilah keluarga yang kamu cari tidak tersedia

1. AccessGenealogy

Foto: MUO

Baca juga: Kata Bill Gates, 2 Vaksin ini Bisa Atasi Varian Baru Corona

Pada situs ini, kamu akan menemukan tautan ke beberapa sumber penelitian unik termasuk bagan, surat-surat lama, catatan militer, catatan penduduk asli Amerika dan banyak lagi.

2. The Olive Tree

Foto: MUO

The Olive Tree adalah situs web peneliti swasta yang menyimpan kumpulan tautan dan sumber daya untuk data historis.

Satu hal yang membedakan situs ini adalah penelitian mendalam yang dilakukan untuk menemukan hubungan antar data (silsilah).

3. FamilySearch

Foto: OnGenealogy

Baca juga: Dianggap Kelewatan, YouTube Hapus Salah Satu Video PewDiePie

Salah satu nama paling terkenal di dunia penelitian silsilah adalah FamilySearch. Ini adalah situs web silsilah terkenal yang disediakan dan didukung oleh Gereja Yesus Kristus.

4. Family Tree Searcher

Foto: MUO

Familiy Tree Searcher adalah situs web yang dibuat oleh peneliti swasta. Situs ini unik karena beberapa sumber adalah kuis interaktif yang memungkinkan kamu mencari data dengan menyesuaikan metode penelitian yang dipilih.

5. GENUKI

Foto: GENUKI

Baca juga: Ajaib! Tanaman Bayam Ini Bisa Kirim Email

Jika kamu berada di Inggris Raya atau meneliti garis keturunan yang berkaitan dengan negara tersebut, maka GENUKI adalah toko serba ada untuk silsilah.

Silsilah ini didapatkan dan menampilkan data yang terhubung ke grup lokal di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia.

6. US National Archives

Foto: Pinterest

Untuk peneliti sejarah yang berbasis di AS, US National Archives harus berada di urutan teratas daftar sumber daya yang dipakai.

Sebabnya, sebagian besar situs web lain juga menautkan ke sumber daya ini, jadi mengapa tidak memulai dari sumber aslinya saja?

7. UK National Archives

Foto: MUO

Inggris juga memiliki sumber daya yang berharga bagi penggemar sejarah dalam bentuk situs arsip nasionalnya sendiri.

Halaman utama situs web ini menautkan ke data seperti kelahiran, pernikahan, kematian, catatan sensus, daftar penumpang, dll.

(fpk)     

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler