Kata Bill Gates, 2 Vaksin ini Bisa Atasi Varian Baru Corona

Fabian Pratama Kusumah . February 23, 2021

Foto: BBC

Teknologi.id - Varian baru virus Corona yang muncul di Afrika Selatan dikhawatirkan membuat vaksin Corona yang sudah ada saat ini jadi kurang efektif menghadapinya.

Menurut Bill Gates, ada beberapa vaksin yang berpotensi dapat melawan varian tersebut. Dikutip detikINET hari Selasa 23 Februari 2021 sang pendiri Microsoft menyebut vaksin buatan Johnson & Johnson serta Novavax  tetap akan menjadi alat penting melawan varian baru Corona.

Meskipun kedua perusahaan tersebut sudah menyebut produk mereka mungkin kurang ampuh menghadapinya.

Baca juga: Orang yang Tertidur Ternyata Bisa Jawab Soal Matematika

Pada 28 Januari lalu, Novavax menyatakan jika vaksinnya nyaris 90% efektif melindungi manusia dari virus Corona. Namun melawan strain dari Afrika Selatan, angka efikasi turun sampai 49,4%.

Sedangkan Johnson & Johnson menyebut bahwa vaksin mereka efektif 66% secara umum, tapi menurun jadi 57% menghadapi strain Afrika Selatan.

Sebagai informasi, vaksin tersebut masih dalam proses persetujuan penggunaan di Amerika Serikat. Bill Gates gencar membiayai pengembangan vaksin Corona melalui yayasannya dan menilai kedua vaksin tersebut tetaplah bisa efektif melawan mutasi virus Corona.

Baca juga: Terjadi Penularan COVID-19 Sebesar 80% di Tempat Ini

"Orang-orang paham ada penurunan efikasi, walaupun (vaksin) Novavax dan Johnson & Johnson masih mempertahankan banyak kapabilitas dalam melawan varian tersebut," kata Bill Gates.

Menurut Bill Gates disuntikannya vaksin pada dosis ketiga bisa menambah keampuhan vaksin melawan varian baru.

AS sendiri saat ini tengah berupaya memberikan vaksin pada sebanyak mungkin warga sebelum varian baru virus Corona itu muncul sehingga dapat mengantisipasi bahaya yang lebih besar.

Baca juga: Riset Larva Bandeng Loloskan Siswa Asal Kudus Ini ke Brasil

Bill Gates meyakini para pembuat vaksin dan negara-negara di dunia bisa meningkatkan kapasitas produksi untuk mengimunisasi dunia.

Menurutnya, satu-satunya cara untuk mengakhiri pandemi Corona adalah dengan memastikan negara-negara berkembang memberi vaksin pada banyak warganya.

Sebagai catatan, di Indonesia sendiri sudah berjalan program vaksinasi untuk Covid-19. Vaksin yang digunakan yaitu Sinovac serta kemungkinan digunakan varian lain seperti AstraZeneca, Pfizer, moderna, dan Merah Putih.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler