7 Rekomendasi Antivirus PC Terbaik 2020

Teknologi.id . July 06, 2020

Foto: PCMag Australia

Teknologi.id - Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat juga diiringi dengan perkembangan sisi lainnya yang juga tak kalah cepat, misalnya virus.

Virus komputer yang terus berkembang menyesuaikan perkembangan teknologi, memaksa para penyedia aplikasi antivirus untuk juga terus berinovasi agar tidak kalah berperang dalam memproteksi keamanan komputer.

Bingung memilih proteksi terbaik untuk komputermu? Berikut ini Teknologi.id sajikan 7 rekomendasi antivirus PC terbaik 2020 berdasarkan riset analis keamanan dari PCMag yang melakukan review lebih dari 40 aplikasi antivirus berdasarkan pengujian SE Labs, AV-Test Institute, MRG-Effitas, dan AV-Comparatives.

Baca juga: Microsoft Sediakan Pratinjau Aplikasi Antivirus di Android

7 Antivirus PC Terbaik 2020

1. Bitdefender Antivirus Plus

Pengujian di laboratorium memberikan nilai tertinggi untuk Bitdefender Antivirus Plus. Selain itu, banyaknya tambahan fitur keamanan baru pada Bitdefender Antivirus Plus membuatnya dinobatkan sebagai antivirus PC terbaik 2020.

Fitur-fitur yang dimiliki Bitfender Antivirus Free Edition antara lain On-demand Virus Scanning untuk memusnahkan berbagai jenis virus, Anti Phishing untuk melindungi akun, Behavorial Detection untuk memonitor aplikasi, Anti-fraud untuk mengawasi situs-situs yang kamu kunjungi, dan masih banyak lagi.

2. Kaspersky Anti-Virus

Kaspersky Anti-Virus dari tahun ke tahun selalu konsisten meraih peringkat atas sebagai antivirus terbaik. Antivirus ini juga mendapat skor penilaian tertinggi dalam pengujian di laboratorium keamanan.

Kepopuleran aplikasi Kaspersky Security Cloud Free sendiri tentunya tidak lepas dari beragam fitur terbaik yang ditawarkannya seperti Password Management, Core Protection, hingga fitur Secure Connection (VPN). Selain itu, aplikasi antivirus satu ini juga memiliki tampilan UI yang simpel dan mudah digunakan.

3. Webroot SecureAnywhere Antivirus

Webroot SecureAnywhere Antivirus adalah aplikasi antivirus yang sangat kecil dan ringan. Meskipun begitu, antivirus ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena dalam pengujian keamanan berhasil mendapatkan skor terbaik di beberapa sektor, salah satunya dalam tes pemblokiran malware.

Selain ukurannya yang sangat kecil, pemindaian virus di Webroot SecureAnywhere Antivirus juga berjalan sangat cepat. Meskipun cepat, bukan berarti hasilnya alakadarnya. Tak hanya mendapat skor terbaik dalam tes pemblokiran malware, antivirus satu ini juga jago dalam menghapus malware yang terdeteksi.

4. ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus mendapat skor bagus dalam pengujian laboratorium keamanan dan melampaui beberapa antivirus lainnya. Beberapa fitur menarik yang dimiliki ESET NOD32 Antivirus diantaranya adalah, real-time malware protection, exploit protector, anti-ransomware layer, URL filtering, UEFI scanner, USB scanner dan banyak lagi lainnya.

ESET NOD32 Antivirus juga mempunyai beberapa fungsi berguna lain seperti password manage, software firewall, file shredder dan vulnerability scanner.

Baca juga: Antivirus Avast Dituding Lakukan Penyadapan dan Jual Data Pengguna

5. McAfee AntiVirus Plus

Sebagai salah satu antivirus kawakan, McAfee menjadi salah satu antivirus yang direkomendasikan penggunaannya baik untuk kalangan personal maupun bisnis. Hal itu dibuktikan hasil pengujian AV-Test, dimana McAfee mendapatkan skor sempurna dalam mendeteksi 0-day attacks and blocking untuk virus dan malware. McAfee AntiVirus Plus juga memiliki perlindungan dari website mencurigakan serta ransomware yang akhir-akhir ini untuk cukup mengancam.

Cukup sekali berlangganan, kamu akan mendapatkan perlindungan McAfee AntiVirus Plus untuk setiap perangkat Windows, Android, MacOS, dan iOS.

6. Symantec Norton AntiVirus Plus

Norton AntiVirus Plus memberikan perlindungan dari beragam jenis malware yang kemungkinan bisa menyerang komputermu. Beberapa fitur versi berbayar aplikasi ini seperti password manager, 2GB cloud backup, dan opsi full tech support. Ini artinya kamu bisa meminta bantuan teknisi dari Norton jika mengalami kendala seputar malware, meski harus memenuhi beberapa syarat pembelian.

Terlepas dari hal itu, Norton cukup tangguh untuk mencegah infeksi malware dengan melakukan URL blocker yang akan menjauhkanmu dari website mencurigakan. Norton juga memberikan up-to-date virus definition quarantine, memastikan tidak ada jenis malware baru yang lolos ke komputermu.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Secara Tiba-tiba

7. Trend Micro Antivirus + Security

Nama antivirus yang satu ini mungkin tidak begitu familiar di telinga kita. Namun Trend Micro Antivirus+ Security memiliki performa yang tidak kalah istimewa dari antivirus di daftar ini.

Trend Micro Antivirus + Security mendapat skor sangat baik dalam pengujian pemblokiran URL dan anti-phishing. Kelebihan antivirus ini adalah adanya perlindungan ransomware efektif yang berlapis-lapis, penguat firewall, fitur Pay Guard untuk melindungi transaksi online, dan masih banyak fitur unggulan lainnya.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler