7 Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri Secara Tiba-tiba

Teknologi.id . July 01, 2020

Foto: Istimewa

Teknologi.id - Permasalahan aplikasi yang mendadak keluar sendiri saat sedang dibuka (force close), tak dipungkiri sering menghantui para pengguna ponsel Android.

Keluarnya aplikasi tersebut biasanya dibarengi dengan munculnya pesan error “sayangnya, aplikasi telah behenti” atau “Unfortunately, App Has Stoped”.

Penyebab umumnya sendiri adalah ketika RAM dan file cache terlalu penuh, namun bisa juga karena aplikasi yang sudah kadaluarsa atau pun sistem operasi yang tidak mendukung.

Bagi kalian yang pernah atau bahkan sering mengalaminya, berikut ini beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri secara tiba-tiba di ponsel Android.

Baca juga: Sering Gagal Update Aplikasi Android? Begini Cara Mengatasinya

1. Hapus cache aplikasi

File cache yang dibiarkan terlalu lama akan menumpuk dan bisa membuat kinerja ponsel kalian menjadi lemot, sehingga bisa menyebabkan aplikasi keluar secara tiba-tiba. Untuk itu, disarankan untuk menghapus file cache secara berkala.

Kalian bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih di Google Play Store. Berikut ini cara menghapus cache secara manual di Android:

- Masuk ke Pengaturan HP Android

- Lalu klik kelola aplikasi

- Setelah muncul tampilan daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya

- Pilih Clear Cache / Hapus Cache

2.  Hapus data aplikasi

Selain file cache yang penuh, file data aplikasi yang terlampau penuh juga bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan secara normal. Kalian bisa langsung menghapus data aplikasi dengan cara mirip menghapus file cache. Namun perlu diketahui bahwa dengan menghapus data, maka data aplikasi yang ada di ponsel kalian tersebut akan hilang dan kembali seperti semula. Berikut ini cara hapus data aplikasi Android:


- Masuk ke Pengaturan HP Android

- Lalu klik kelola aplikasi

- Setelah muncul tampilan daftar aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya

- Pilih Clea Data / Hapus Data

3. Update aplikasi

Foto: Pikiran Rakyat


Jika setelah kalian mencoba kedua cara di atas namun tetap tidak berhasil, maka kalian bisa coba mengupdate aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut. Karena bisa saja versi aplikasi tersebut sudah lama tertinggal dan perlu di update ke versi terbaru.

Kalian bisa melakukan update langsung melalui Google Play Store supaya terjamin keamanannya. 

4. Instal ulang aplikasi

Foto: Gotta Be Mobile


Masih belum berhasil? Coba untuk meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi yang baru dari Google Play Store.


Untuk cara uninstall aplikasinya sangatlah mudah, berikut adalah tutorialnya:

- Buka menu Pengaturan

- Pilih menu kelola aplikasi

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

- Cari aplikasi yang akan di-uninstall

- Pilih Uninstall

5. Restart Android

Foto: Appslova


Belum juga berhasil mengatasi aplikasi Android yang tiba-tiba keluar sendiri? Kalian bisa mencoba cara klasik, yakni dengan melakukan restart pada ponsel Android atau mematikannya selama 5-10 menit kemudian menghidupkannya kembali. Maka android akan kembali berjalan normal.

6. Upgrade OS

Foto: Oomph


Saat ini aplikasi sudah banyak sekali yang diperbarui menyesuaikan sistem operasi terbaru, namun ponsel kamu masih menggunakan OS Android KitKat 4.4 atau bahkan di bawahnya? Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi Android yang kamu gunakan. Salah satu solusinya yaitu mengupgrade sistem operasi Android kamu, begini caranya:

- Buka menu Settings

- Cari About Phone

- Pilih Check System Update

- Jika tersedia upgrade, plih Download

- Tunggu hingga proses download upgrade selesai

- Setelah selesai, muncul tombol konfirmasi untuk proses re-boot, pilih Restart.

Baca juga: 7 Aplikasi untuk Mengatasi Insomnia Agar Lebih Mudah Tidur

7. Factory Reset

Cara ini adalah cara paling pamungkas bila segala cara sudah kalian lakukan dan tetap tidak berhasil mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba.

Disarankan untuk melakukan back up data terlebih dahulu, karena setelah dilakukan factory reset berarti semua data di ponsel juga akan hilang seperti layaknya ponsel baru. Berikut ini cara untuk melakukan factory reset.

- Masuk ke menu Pengaturan 

- Klik Back-Up & Reset

- Pilih Factory Data Reset dan Reset Phone (atau All files on the phone)

- Tunggu prosesnya selesai dan ponselmu pun sudah kembali baru.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler