7 Aplikasi untuk Mengatasi Insomnia Agar Lebih Mudah Tidur

Teknologi.id . June 23, 2020


Foto: Vice


Teknologi.id - Setiap orang pastinya membutuhkan tidur sebagai sarana istirahat setelah berjam-jam melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Selain itu, tidur yang cukup juga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Namun, apa jadinya bila seseorang mengalami gangguan susah tidur alias insomnia sehingga tidak bisa mendapatkan jam tidur yang cukup? Beberapa akibat kurang tidur adalah terganggunya metabolisme tubuh, kerusakan sel otak, hingga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan beberapa masalah serius seperti penyakit demensia, gagal jantung, dan diabetes juga bisa dipicu oleh kurangnya waktu tidur.

Nah, bagi kamu yang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia, jangan khawatir. Berkat kemajuan teknologi, saat ini sudah ada aplikasi khusus untuk membantu penderita insomnia agar lebih mudah tidur.

7 Aplikasi untuk Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

1. Sleepio

Sleepio menggunakan program berbasis bukti untuk membantu menyelesaikan susah tidur. Program ini bertujuan untuk membantu pengguna tertidur lebih cepat, dan tidur lebih nyenyak dengan sedikit gangguan pada siklus tidur yang di alami penggunanya. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis, dan didalamnya tersedia juga beberapa konten untuk dibeli sesuai kebutuhan penggunanya.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Relax Melodies

Relax Melodies mampu membantu mengatasi insomnia dengan menggunakan lebih dari 100 suara relaksasi, binaural beats, white noise, dan melodi yang menenangkan. Aplikasi gratis ini juga menyediakan program meditasi untuk proses peningkatan tidur.

3. Nature Sounds Relax & Sleep

Nature Sounds Relax and Sleep dapat mengatasi insomnia dengan menggunakan suara alam untuk membantu kamu merasa santai, rileks, dan tidur lebih nyenyak. Aplikasi ini gratis dengan opsi pembelian dalam aplikasi, namun sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk Android.

4. Sleep Genius

Sleep Genius awalnya dikembangkan melalui penelitian yang dimaksudkan untuk membantu para astronot NASA tertidur. Aplikasi ini dirancang untuk menggunakan suara yang membantu memandu otak penggunanya melalui siklus tidur yang lengkap sehingga penggunanya dapat lebih mudah tertidur, tidur lebih baik, dan bangun tidur pada waktu saat kondisi tubuh sudah optimal. Namun sayangnya, aplikasi Sleep Genuis merupakan aplikasi berbayar dan tidak bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack, 100% Work!

5. Pzizz

Melalui penggunaan urutan suara yang membantu mengoptimalkan tidur penggunanya, Pzizz diklaim dapat membantu berbagai masalah tidur pengguna, seperti insomnia. Jadi pengguna aplikasi ini bisa tertidur dengan perasaan yang rileks. Aplikasi ini dapat diunduh gratis untuk iOS atau Android, dan juga menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi.

6. Inscape

Inscape adalah aplikasi meditasi yang menggunakan relaksasi progresif, suara yang menenangkan, dan musik untuk membantu penggunanya lebih mudah tertidur. Aplikasi ini bisa diunduh scara gratis dengan opsi pembelian dalam aplikasi, tetapi hanya tersedia untuk iOS.

7. Sleep Cycle

Sleep Cycle dapat membantu melacak siklus tidur penggunanya yang dipersonalisasikan. Aplikasi ini menampilkan suara lembut untuk membantu tertidur, dan dengan lembut membangunkan penggunanya dengan jam alarm fase tidur, sehingga penggunanya bangun dengan perasaan segar. Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan analisis terperinci dari setiap sesi tidur dengan fitur analisis tidur. Aplikasi Sleep Cycle tersedia gratis dengan opsi pembelian di dalam aplikasi.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler