Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack, 100% Work!

Teknologi.id . June 07, 2020

Foto: The Dope Rope


Teknologi.id - Tindakan hack alias peretasan Instagram saat ini semakin tidak pandang bulu. Mulai dari artis, selebgram, influencer, atau bahkan akun pribadi seseorang bisa menjadi target pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum akun yang dihack digunakan untuk hal-hal buruk, seperti pencemaran nama baik, penipuan, pemerasan, dan lain-lain, sebaiknya bagi kalian yang akun Instagram-nya kena hack sesegera mungkin melakukan upaya mengembalikan akun tersebut.

Lantas bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang dihack tersebut? Simak langkah-langkah di bawah ini sampai selesai. Dijamin 100% work dan akun Instagram akan segera dipulihkan.

Baca juga: Terungkap! Begini Cara Mengetahui Orang yang Menyimpan Foto Instagram Kita

1. Buka help.instagram.com lalu pilih "Privacy & Safety"

Mintalah bantuan via help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Atau bisa juga dengan memilih "Impersonation Account" alias akun penyamaran, yakni dengan memilih menu Privacy & Safety > Report Something > Impersonation Account > What can I do if someone impersonates me on Instagram? > Report it to us.

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan kamu perlu mengisinya dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Setelah lapor, akun Instagram akan hilang

Menghilangkan akun sementara adalah langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akunmu. Kamu tidak bisa mencari nama akunmu di kolom pencarian dan saat kamu mengetik nama akunmu maka akan muncul "user not found".

3. Rutin cek email

Pasca laporan, rutin cek emailmu untuk mengetahui apakah ada pesan masuk dari pihak Instagram atas laporanmu. Bila sudah ada email masuk dari Instagram terkait langkah yang perlu kamu lakukan terkait pengembalian akunmu, maka segera ikuti.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan instruksi sebagai berikut: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajahmu dan kertas putih itu untuk memverifikasi bahwa kamu memang pemilik asli akun.

Usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

Baca juga: Dark Mode vs. Light Mode: Kapan Pakai yang Gelap, Kapan Pakai yang Terang?


4. Isi formulir

Setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data diri, maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirimkan email berisi formulir yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau copy ID.

Balas dan isi formulir dalam email tersebut dengan sejelas-jelasnya, jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang terlewatkan.

5. Bersabar

Butuh waktu sekitar 4 sampai 7 hari bagi pihak Instagram untuk membalas emailmu dan menyatakan akun tersebut telah menjadi milikmu lagi.

Kamu bisa mengecek username akunmu di kolom Pencarian, bila benar akunmu sudah kembali maka pencarian yang tadinya muncul 'user not found' maka akan muncul tampilan akunmu lagi.

Ikuti langkah pemulihan akunmu sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan kamu pun sudah siap kembali menggunakan akun Instagram-mu kembali.

(dwk)
author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar