5 'Tools' Penting agar Bisnis Kamu Tetap Oke Selama Pandemi

Nimas Disri . July 09, 2020

Foto: CGTN 

Teknologi.id - Saat bekerja dari rumah menjadi pilihan utama di masa new normal, kamu mungkin harus berpikir keras untuk bisa bekerja secara produktif dan menghasilkan output yang maksimal. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis dan perlu tools untuk mengontrol kinerja tim atau karyawan yang tidak bisa lagi dilakukan secara tatap muka. 

Transformasi digital yang berjalan sejak tahun 2018, telah melahirkan banyak teknologi yang dirancang untuk menghubungkan manusia dan pekerjaannya di seluruh belahan dunia, terutama secara daring. Nah, berikut 5 pilihan tools terbaik yang dapat mendukung pekerjaan dan bisnis kamu selama pandemi. 

1. Slack

Foto: MS Poweruser

Slack merupakan aplikasi komunikasi daring yang menduduki posisi teratas di jajaran aplikasi olah pesan bisnis. Hal ini dikarenakan, Slack sangat responsif dengan fitur yang canggih. Aplikasi ini mengedepankan komunikasi yang cepat, mudah, dan memfokuskan komunikasi antar anggota tim. Slack akan memudahkan kamu dalam diskusi bisnis, melakukan panggilan video, serta memungkinkan kamu untuk mengakses Google Analytics langsung dari Slack. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai solusi komunikasi yang seimbang dan efektif. Paket yang ditawarkan beragam, ada yang gratis hingga berbayar. Untuk detail biaya berlangganan, bisa kamu cek di sini.

Baca Juga: Tips Melindungi Password dan Data Pribadi

2. Zoom

Foto: The Journal Times

Siapa yang tidak kenal aplikasi satu ini? Mungkin kamu termasuk salah satu penggunanya. Sejak imbauan untuk bekerja dari rumah digaungkan, aplikasi ini menjadi populer dan digunakan oleh sejumlah perusahaan untuk melaksanakan meeting, presentasi, ataupun memantau kehadiran karyawan pada waktu-waktu tertentu. 

Aplikasi ini terkenal karena fitur-fiturnya yang canggih dan mudah diakses oleh siapa saja. Cukup dengan mengeklik tautan yang diberikan oleh host, maka kamu sudah bisa bergabung bersama rekan-rekan satu tim. Fitur canggihnya terdiri dari, kemampuan untuk mengaburkan atau mengganti background, kontrol video dan audio yang presisi, dan sangat menunjang kelompok dalam skala besar sehingga tidak kesulitan jika ingin mengadakan kelas atau webinar. Aplikasi ini ada yang gratis dan berbayar. JIka kamu membutuhkan kapasitas lebih dari 100 orang dan waktu yang tidak terbatas, bisa berlangganan paket Enterprise Plus mulai dari $19,99 (Rp288 ribu) per bulan. Untuk detail harga dan fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan, bisa kamu cek di sini

3. Microsoft OneDrive for Business

Foto: Microsoft

Salah satu masalah saat bekerja dari rumah adalah penyimpanan file bersama yang tidak terorganisir dan sistem keamanan data yang rentan. Untuk urusan bisnis, penyimpanan data yang mudah, fleksibel, dan andal sangat diperlukan untuk memastikan semuanya terorganisir dengan baik. Miscrosoft OneDrive for Business menghadirkan penawaran terbaik dengan fitur canggih yang mampu menyimpan data-data bisnis kamu secara rapi dan aman. Pilihan ini cocok untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan penawaran harga yang bervariasi, Paket 1 seharga Rp78.200 per pengguna per bulan, dan Paket 2 seharga Rp156.400 per pengguna per bulan. Untuk detail ruang penyimpanan dan lain sebagainya dari setiap paketnya, bisa kamu cek di sini.

Baca Juga: Motret Pakai HP Bisa Cuan? Ini Dia 7 Aplikasi untuk Jual Foto Jepretanmu

4. NCP Secure Entry Client for Business

Foto: Remote Access Works

Virtual Private Networks (VPN) merupakan tools terbaik untuk para pekerja/pebisnis yang harus mengakses data saat berada dalam perjalanan atau harus bekerja secara remote dalam jangka waktu yang panjang. Memiliki VPN perlu melakukan banyak pertimbangan, terutama dalam hal bisnis. NCP Secure Entry Client for Win32/64 dapat menjadi solusi bagi kamu yang sedang mencari VPN terbaik untuk bekerja/bisnis. Ini merupakan rangkaian VPN menyeluruh yang berfokus pada perusahaan dan mampu mencakup klien untuk sistem operasi secara virtual serta dirancang untuk akses secara remote. NCP Secure Entry Client ini mampu berintegrasi dengan banyak jaringan VPN lain yang umum digunakan dalam bisnis. 

5. Asana

  

 

Foto: Asana 

Aplikasi ini memudahkan manajemen untuk mengontrol karyawannya agar tetap terhubung dan terlibat dengan anggota tim lainnya. Asana mampu memperhitungkan jadwal pertukaran jam kerja dan mengatur jam kerja yang fleksibel untuk para karyawan. Aplikasi ini juga memungkinkan anggota tim berkomunikasi secara intens melalui aplikasi lain, salah satunya Slack. 

Manajemen mudah mengatur proyek dan karyawannya secara responsif dan interaktif. Tersedia juga fitur yang memudahkan evaluasi. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk melacak pekerjaan, proyek, dan karyawan karena mudah diakses. Selain itu, harga yang ditawarkan juga terjangkau. Untuk bisnis, Asana menawarkan biaya langganan sebesar US$24.99 (Rp360 ribu) per bulan. Untuk detail harga dan fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan, bisa dilihat di sini.

Tetap berbisnis di saat pandemi mungkin tidaklah mudah. Namun beberapa tools di atas bisa kamu pertimbangkan untuk mengontrol pekerjaan serta tim agar tetap produktif dan memberikan hasil terbaik. Selamat mencoba!

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya