5 Tips untuk Naikin Engagement Twitter Kamu!

Nimas Disri . July 19, 2020

Foto: The Verge

Teknologi.id - Semakin hari, platform media sosial Twitter semakin ramai. Hal ini dibuktikan dengan catatan jumlah pengguna yang menyentuh angka 166 juta pada Mei 2020 lalu, seperti yang dilansir oleh detikinet (4/5). 

Kecepatan informasi dan minimnya tulisan yang ditampilkan, membuat Twitter semakin hari semakin menjadi primadona. Penggunanya tidak perlu berlama-lama membaca tulisan panjang dan akan langsung mendapatkan inti dari pokok pembicaraan. 

Untuk kamu yang ingin meramaikan Twitter dengan konten-konten menarik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meski konten yang kamu tawarkan menarik, pastikan kamu dapat menjaring pengguna lain yang nantinya berpengaruh kepada engagement (keterikatan) akun Twitter kamu. Jika keterikatan antara kamu dan pengikutmu meningkat, ini bisa jadi ladang cuan, lho!

Baca Juga: 7 Alternatif Google AdSense Biar Blog-mu Makin Cuan!

Mau tahu gimana caranya bikin engagement kamu meningkat? Tips ini mungkin bisa kamu coba!

1. Jujur dengan Kontenmu

Di platform mana pun, kamu tidak perlu membuat konten yang tidak kamu sukai. Jujur dengan apa yang kamu ingin lakukan, merupakan kunci penting dalam pembuatan konten. 

Jika kamu gemar berbelanja atau traveling, konten review hotel atau produk bisa menjadi pilihan. Selain itu, jika membuat konten sesuai dengan apa yang kamu suka, kamu tidak akan terbebani dan lebih terlihat organik di media sosial. 

2. Gunakan Fitur Thread agar Tulisanmu Nyaman Dibaca

Fitur ini telah diluncurkan Twitter sejak tahun 2017. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu takut dengan pembatasan 280 karakter yang diberikan Twitter untuk setiap cuitan yang diunggah. 

Foto: Dailysocial

Cerita yang kamu sampaikan akan tertulis secara runut sehingga tidak membuat pembaca kebingungan. Ini menjadi salah satu faktor penting karena untuk mempertahankan pembaca Twitter, pastikan membuat mereka nyaman dengan apa yang kamu tulis. 

3. Gunakan Judul yang Menarik

Judul adalah kunci utama dari pembuatan konten di Twitter. Pengunjung akunmu akan tertarik untuk melanjutkan bacaan jika judul yang disertakan menarik. Seperti salah satu thread milik pengguna Twitter @dewahoya ini.


Selain bahasa yang hiperbola, kamu juga bisa menambahkan kalimat persuasif agar semakin menarik seperti thread @_doraredre satu ini.


Baca Juga: Jangan Beli Followers Instagram, Jika Tidak Ingin 5 Hal Ini Terjadi

4. Gunakan Nomor untuk Memisahkan Cuitan dalam Satu Thread

Penggunaan nomor menjadi sangat penting agar pembaca thread kamu tidak merasa bingung. Selain itu, sebagai pembuat thread, kamu bisa menggunakan lebih dari satu kolom cuitan jika tulisan yang kamu unggah tergolong panjang. Berikut contoh thread yang menggunakan nomor sebagai pemisah antar cuitan yang diunggah.

5. Tambahkan Gambar atau Video Pendukung yang Ciamik!

Unggahan Twitter kamu bisa jadi membosankan tanpa adanya gambar atau video yang ditambahkan. Selain itu, penggunaan gambar dan video juga membuat thread kamu lebih meyakinkan karena adanya bukti visual yang bisa dipertimbangkan oleh pembaca. 

Gambar atau video yang kamu unggah, bisa merupakan koleksi pribadi atau berasal dari internet. Namun jangan lupa untuk menyertakan sumbernya jika kamu mengambil gambar atau video dari internet, ya. 

Untuk contohnya, kamu bisa lihat thread berikut. Menarik bukan? 



Nah, itu dia lima tips untuk meningkatkan engagement akun Twitter kamu. Jangan lupa untuk membagikan tautan Twitter kamu ke platform lain agar menjangkau lebih banyak pembaca, ya. Bisa jadi, ini adalah ladang bisnis kamu jika dijalani dengan serius. Selamat mencoba!

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya