5 Tips Promosi Usaha Melalui Media Sosial

Tidar Sentausa . October 26, 2020

Media sosial sudah menjadi bagian yang erat dengan kehidupan sehari-hari, tidak terlepas juga dengan aktivitas berwirausaha.

Bermacam platform media sosial dengan konten-konten kreatifnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp dan lain-lain memberikan pilihan menarik sebagai media promosi untuk kamu yang memiliki usaha rumahan.

Semakin banyaknya pengguna gadget dan ragam konten yang dikonsumsi secara digital, membuat ranah media sosial ini menjadi sebuah peluang yang sangat potensial untuk promosi produk UMKM milikmu.

Ketahui 5 Tips Mempromosikan Usaha di Media Sosial

Apapun itu usaha rumahan yang kamu jalankan, mulai dari yang jenisnya jasa maupun produk, kamu harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi yang efektif, setidaknya dimulai dari jaringan orang yang kamu kenal terlebih dahulu.

Berbisnis sendiri maupun bermitra di platform belanja online, kamu tetap bisa memaksimalkan keuntungan bisnis rumahan kamu dengan 5 tips promosi usaha di media sosial berikut ini.

1. Memperbarui foto profil

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menginformasikan calon pelanggan akan jasa atau produk usaha yang kamu tawarkan adalah dengan cara mengganti foto profil menjadi yang lebih representatif.

Misalnya kamu menjalani usaha kue kering, kamu bisa menggunakan logo atau foto produk terlaris dengan sedikit sentuhan desain grafik yang bisa kamu dapatkan dari template gratis di internet.

2. Manfaatkan tagging

Biasanya, platform media sosial memiliki 2 jenis tagging, yaitu hashtag dan username tagging. Dua jenis tagging ini bisa kamu manfaatkan untuk sarana promosi yang oke, karena bisa menyasar calon konsumen secara langsung, maupun juga menyasar jenis produk itu sendiri.

Misalnya, kamu bisa menggunakan hashtag #kuekeringjakarta, #kuenastarjakarta, dan lain sebagainya untuk kategori usaha kue kering seperti di awal tadi.

3. Mengenal konsumen

Tips berikutnya untuk promosi usaha yang efektif di media sosial adalah dengan mengenal target calon konsumen dan konsumen dari produk yang kamu tawarkan. Tidak hanya konsumen sebagai persona, tetapi juga rentang waktu tertentu yang memungkinkan produk kamu lebih laku.

Mengikuti contoh awal, usaha kue kering biasanya dicari oleh orang yang cukup aktif di lingkungan sosial, juga sering mencari kue kering sebagai pemberian di hari raya misalnya.

4. Aktif membuat posting

Di media sosial, postingan suatu akun adalah pintu utama dari info terkini. Termasuk di bisnis rumahan yang kamu jalankan, pastikan kamu mengatur jadwal posting secara teratur setiap minggu agar usaha kamu tidak tenggelam dalam kompetisi.

Kamu bisa mengecek kalender dan memperhatikan apakah ada tren tertentu yang bisa kamu “tumpangi” sebagai postingan promosi produk. Bagian ini cukup seru dilakukan karena melibatkan proses kreatif.

5. Memberikan diskon menarik

Untuk menarik pelanggan baru, diskon atau promo adalah salah satu cara yang efektif. Promo di sini tidak selalu harus potongan harga produk, melainkan bisa juga gratis pengiriman.

Kamu pun bisa menggabungkan promo dan diskon ini dengan tren yang sedang terjadi di sekitar, agar posting yang dibuat lebih engaging bagi yang melihat.

mitra chilibeli

Foto: Chilibeli

Itulah tadi 5 tips promosi usaha di media sosial yang bisa kamu jalankan segera. Bisnis rumahan dan usaha sampingan sangat menarik untuk siapa saja karena bisa mendatangkan penghasilan tambahan di waktu luang.

Berbicara soal penghasilan tambahan di waktu luang, kamu bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli dan berjualan sayur, buah, dan sembako untuk orang sekitar maupun kamu olah menjadi hidangan produk usaha UMKM milik sendiri. Belanjanya, bisa di aplikasi Chilibeli yang gratis ongkir!

teknologi id bookmark icon
author

Tidar Sentausa

Chilibeli

Berita Terpopuler