10 Inspirasi Peluang Usaha | Modal Kecil, Untung Besar!

Tidar Sentausa . October 15, 2020

Gambar: Shutterstock

Peluang usaha bisa datang kapan dan dari mana saja. Inspirasi berwirausaha sangat mungkin bersumber dari lingkungan sekitar kamu yang mana merupakan peluang usaha terbaik yang bisa didapatkan.

Kalau kamu sudah mengetahui cara memulai dan mengembangkan usaha dari awal, kini saatnya kamu menentukan usaha yang bisa kamu lakukan.

Nah, buat yang tertarik menjalani usaha dari rumah secara kecil-kecilan, mungkin beberapa inspirasi peluang usaha di artikel ini bisa membantu kamu, simak ya.

Peluang Usaha dengan Modal Kecil, Keuntungan Besar

Pada dasarnya jenis usaha ditentukan oleh peluang dan respon pasar, dalam hal ini lingkungan sekitarmu jika kamu melakukan aktivitas usaha di rumah. Pintar beradaptasi dengan situasi adalah kunci kesuksesan usaha kamu, apapun kategori usahanya.

1. Usaha Makanan Ringan

Makanan ringan adalah camilan yang selalu dicari siapa saja, tanpa batasan usia dan waktu. Memang, ada beberapa momen yang membuat beberapa jenis camilan yang populer untuk waktu tertentu, seperti kolak di bulan Ramadan, kue keranjang di hari Tahun Baru Imlek.

Kamu bisa memilih ide usaha seperti kue, sop buahsampai hidangan camilan yang banyak digemari, seperti jajanan pasar dengan olahan kekinian misalnya. Lalu, kamu bisa bungkus dengan packaging yang ciamik.

2. Usaha Minuman Kekinian

Bubble, shake, dan blend adalah 3 kata yang sering digunakan di usaha minuman kekinian. Jika kamu memutuskan untuk terjun ke usaha minuman, pastikan kamu selalu melihat tren yang sedang naik daun, gunakan bahan baku yang sesuai dan rasa yang sudah teruji enak; tak lupa, lakukan promosi online dengan kemasan yang apik untuk post Instagram.

3. Usaha Makanan Serba Pedas

Sebagian besar orang Indonesia mungkin saja sangat terbiasa dengan sajian makanan yang penuh rempah, bahkan pedas. Berbagai sambal khas Indonesia bisa kamu jadikan sebagai unique selling point. Selain bermacam sambal dan bumbu pedas, pastikan juga kamu berinovasi di bahan baku utamanya.

4. Usaha Kopi Kemasan

Banyak yang bilang kopi adalah sumber inspirasi. Belakangan banyak “distro” kopi yang bermunculan dengan tawaran kopi kemasan berbagai olahan dan rasa. Kalau kamu mengerti seluk-beluk kopi dan bisa meracik sajian kopi kemasan yang mantap, tidak ada salahnya kamu ikut terjun ke tren usaha kopi kemasan ini.

5. Usaha Makanan Sehat

Hidup sehat sejatinya adalah kebutuhan. Namun diiringi dengan media sosial yang bisa membuat segala hal naik daun dengan cepat, kamu bisa menunggangi tren hidup sehat dengan sajian makanan kemasan seperti salad, pudding buah, dan lain sebagainya.

6. Usaha Katering Sederhana

Kalau kamu tinggal di lingkungan pekerja dan mahasiswa yang menyewa tempat kost, peluang terbaik kamu adalah melakukan usaha katering sederhana dalam paket hemat untuk makan siang. Susun paket menu makanan yang kamu kuasai dan tawarkan dengan margin keuntungan yang masuk akal di kantong anak kost, karena dengan harga yang terjangkau pasti akan berujung dengan pelanggan yang setia, selama kamu terus mencoba menu-menu baru.

7. Usaha Agen Sembako Online

Agen sembako online bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan jika kamu aktif secara sosial di lingkungan rumah maupun kantor. Agar keuntungan lebih maksimal, kamu bisa bergabung menjadi mitra usaha jualan online yang menjual sayur, buah, dan sembako. Sembako dibutuhkan setiap hari, jadi selama kamu aktif berjualan maka keuntungan akan terus meningkat.

8. Usaha Kue Kering

Kue kering dalam kemasan stoples selalu dicari sebagai buah tangan atau hadiah akan peringatan suatu momen yang berkesan, atau apapun itu. Indonesia sendiri memiliki banyak sajian kue kering turun-temurun yang bisa kamu olah dan poles resep serta kemasannya agar lebih menarik dari segi usaha. Usaha kue kering bisa jadi peluang yang menjanjikan jika kamu bisa mengemas dan mempromosikannya dengan gencar.

9. Usaha Makanan Snack Mancanegara

Jajanan mancanegara dengan pengemasan lokal juga bisa kamu coba. Cari inspirasi makanan yang sedang ngetren seperti takoyaki, pasta, pizza, churros, dll dengan olahan kamu sendiri yang membuatnya lebih unik dan memorable lewat pengemasan yang matang, ya.

10. Usaha Ayam Goreng a la Fast Food

Sajian fast food tak dipungkiri sudah dikenal seantero negeri. Kamu bisa mencoba resep ayam goreng crispy dan membuat label merek kreasi aslimu sendiri. Siapa tahu usaha ayam goreng ini menjadi awal dari sebuah waralaba atau franchise yang beken berikutnya.


Gambar: chilibeli.com

Nah itulah tadi 10 inspirasi peluang usaha dengan modal kecil dan untung besar. Perlu diingat juga bahwa tidak ada jenis usaha terbaik dan pasti untung di mana saja, sebab faktor utamanya adalah gigih dan ulet berusaha.

Jika butuh bahan baku untuk usaha kuliner, kamu bisa coba belanja di aplikasi belanja online Chilibeli dengan program kemitraannya yang menguntungkan. Jika tertarik, kamu bisa bergabung menjadi Mitra Chilibeli di sini.

teknologi id bookmark icon
author

Tidar Sentausa

Chilibeli

Berita Terpopuler