5 Softskill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di 2019 Menurut LinkedIn

Kemala Putri . February 06, 2019
Teknologi.id - Perkembangan industri teknologi sejatinya mendorong berkembangnya kemampuan tiap individu. Persaingan kerja menjadi semakin ketat karena banyaknya kandidat yang kompeten dengan kemampuan masing-masing. Dilansir dari CNBC, Senin (7/1/2019), Pasar tenaga kerja yang ketat membuat banyak perusahaan berpikiran lebih terbuka untuk mempertimbangkan kandidat pegawainya. Saat ini perusahaan lebih fokus pada kemampuan keterampilan karyawan. Bahkan ada perusahaan yang tidak lagi mengharuskan para pelamar untuk memiliki gelar sarjana. Ketimbang mencari kandidat yang memiliki sebuah gelar dan pengalaman pada berbagai bidang, perusahaan cenderung memfokuskan pada potensi yang dimiliki para pegawainya. Adapun perusahaan-perusahaan yang melihat pegawai dari keterampilannya yakni Google, Apple, IBM, Facebook, Bank of America, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Hardskill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di 2019 Menurut LinkedIn

Keterampilan ini terdiri dari hardskill dan softskill. Hardskill dalam bidang teknologi mendominasi kebutuhan perusahaan. Tetapi, bahkan kandidat dengan hardskill yang luar biasa membutuhkan softskill untuk menonjol dan berhasil dalam sebuah pekerjaan. Faktanya, 57% pemimpin mengatakan soft skill lebih penting daripada hard skill  LinkedIn baru-baru ini menganalisa ribuan lowongan pekerjaan untuk menentukan softskill yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan di tahun 2019. Berikut adalah 5 softskill yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan di 2019 menurut LinkedIn.

1. Kreativitas


Kreativitas. Foto: Eleap
Ini tidak mengejutkan. Perusahaan mana pun selalu membutuhkan orang yang dapat berinovasi, menyusun ide dan solusi segar. Perusahaan yang mampu bertahan di tengah perubahan zaman yang terus terjadi sangat membutuhkan pegawai yang memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif. Rasa ingin tahu dan pikiran positif adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan inovasi. Selain itu, kreativitas berguna dalam hal penyelesaian masalah. Ketika kamu menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuatmu terpacu untuk mencari sumber permasalahan dan pemikiran kreatif serta inovatif akan membantumu dalam menemukan solusi yang efisien untuk dapat menyelesaikannya.

2. Persuasif


Persuasif. Foto: Time Magazine
Persuasif adalah sebuah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Dalam persuasi, seorang persuader dianggap berhasil jika ia mampu memengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain setelah ia melakukan ajakan dengan cara memaparkan berbagai alasan dan prospek-prospek baik dari sebuah barang atau sebuah kondisi. Nah, perusahaan sangat membutuhkan orang yang memiliki skill ini untuk dipekerjakan dalam bidang sales atau marketing. 

3. Kolaborasi


Kolaborasi. Foto: Medium
Kemampuan untuk bekerja sama dengan efektif akan menciptakan lingkungan kerja produktif. Sebaliknya, apabila tidak mampu berkolaborasi dan terjadi konflik, maka akan berpengaruh langsung terhadap hasil kerja. Ketika berkolaborasi proses pekerjaan yang di kerjakan pun akan menjadi lebih efisien karena kamu akan menyelesaikannya secara bersamaan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Salah satu keuntungan terbesar yang akan anda terima setelah melakukan kolaborasi adalah kamu dan perusahaan akan mendapatkan inspirasi serta ide-ide baru dari diskusi bersama tim. Ketika saling bertukar ide dengan anggota lainnya, ada sebuah ruang lingkup kreativitas yang jauh lebih banyak dan luas dibandingkan ketika kamu memikirkan ide tersebut sendirian.

4. Adaptif


Adaptif. Foto: TMS Consulting
Dunia kerja selalu dinamis sehingga perusahaan membutuhkan individu yang dapat beradaptasi dengan cepat sesuai kondisi ekonomi dan kebutuhan bisnis. Perusahaan menginginkan individu yang bersedia belajar dan berkembang setiap dihadapkan dengan tuntutan untuk berubah. Fleksibel dan adaptif ketika diberi tantangan baru adalah tanda besar kalau kamu siap ditempatkan di lingkungan manapun dan mengemban tanggung jawab apapun.

5. Manajemen Waktu


Manajemen Waktu. Foto: Stfrancishouse
Dalam dunia kerja, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Datang tepat waktu ke kantor, menyelesaikan pekerjaan sebelum lewat dari deadline dan tanpa perlu lembur adalah manajemen waktu yang baik. Semua perusahaan menginginkan pegawainya dapat mengatur waktu dengan baik agar dapat bekerja lebih efisien dan produktif. Itulah 5 softskill yang paling dibutuhkan perusahaan menurut LinkedIn. Apakah Kamu memiliki salah satu dari lima keterampilan di atas?. Kalau belum, teruslah berlatih. Semakin kamu mengasahnya akan semakin mudah untukmu untuk mendapatkan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu Tech Expert! (DWK)
author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar