5 Hardskill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di 2019 Menurut LinkedIn

Teknologi.id – Perkembangan industri teknologi sejatinya mendorong berkembangnya kemampuan tiap individu. Persaingan kerja menjadi semakin ketat karena banyaknya kandidat yang kompeten dengan kemampuan masing-masing.

Dilansir dari CNBC, Senin (7/1/2019), Pasar tenaga kerja yang ketat membuat banyak perusahaan berpikiran lebih terbuka untuk mempertimbangkan kandidat pegawainya. Saat ini perusahaan lebih fokus pada kemampuan keterampilan karyawan. Bahkan ada perusahaan yang tidak lagi mengharuskan para pelamar untuk memiliki gelar sarjana.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Fresh Graduate 

Ketimbang mencari kandidat yang memiliki sebuah gelar dan pengalaman pada berbagai bidang, perusahaan cenderung memfokuskan pada potensi yang dimiliki para pegawainya.

Adapun perusahaan-perusahaan yang melihat pegawai dari keterampilannya yakni Google, Apple, IBM, Facebook, Bank of America, dan masih banyak lagi.

LinkedIn baru-baru ini menganalisa ribuan lowongan pekerjaan untuk menentukan hardskill yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan di tahun 2019. Berikut adalah 5 hardskill yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan di 2019 menurut LinkedIn.

1. UX Design

UX Design. Foto: Mockplus

Perkembangan dunia digital membuat keterampilan satu ini sangat penting untuk dimiliki. Kini, berbagai perusahaan bersaing dalam menyediakan website dan aplikasi mobile. Di sinilah para UX Desainer akan berperan. Mereka akan membuat orang nyaman mengakses sebuah website. Jika sebuah aplikasi sangat mudah digunakan, itu semua adalah hasil karya para UX desainer.

2. Cloud Computing

Cloud Computing. Foto: Thebalancesmb

Perkembangan teknologi mendorong perkembangan komputasi berbasis awan (cloud computing). Teknologi ini menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi. Bukan tanpa alasan LinkedIn memasukkan Cloud Computing ini sebagai keterampilan yang paling dicari dan dibutuhkan. Bersama dengan AI, skill ini menunjukkan bahwa banyak perusahaan mengaku pentingnya merangkul teknologi modern. Dikarenakan perkembangan teknologi saat ini sudah berjalan dengan sangat cepat.

3. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI). Foto: IQVIS

Artificial Intelligence merupakan teknologi yang diprediksi akan semakin berkembang di tahun 2019 khususnya pada tren dunia digital smartphone. Kini hampir semua ponsel sudah dibekali dengan teknologi AI, tingkat adopsinya pun semakin meluas bahkan ke dunia medis. Permintaan di bidang AI saat ini semakin tinggi, karena itulah keterampilan khusus di bidang Artificial Intelligence akan sangat dibutuhkan di tahun 2019 ini. Keterampilan ini meliputi Neural Network, Machine Learning dan Algoritma.

Baca juga: 6 Aplikasi Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

4. Analytical Reasoning

Analytical Reasoning. Foto: McGraw-Hill

Analytical Reasoning merupakan kemampuan untuk mengambil sebuah keputusan. Keterampilan ini memiliki dampak yang besar dalam sebuah perusahaan, karena mencakup pengambilan keputusan dan pembuatan strategi. Nah, masalahnya adalah ketika hendak mengambil sebuah keputusan, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipertanggungjawabkan. Karena itulah keterampilan ini tidak mudah untuk diperoleh.

5. Managemen Sumber Daya Manusia

Managemen Sumber Daya Manusia. Foto: TASKey

Keterampilan manajemen selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Yang perlu diketahui, manajemen bukanlah sekadar mengatur orang lain.Selain itu ada skill manajemen yakni termasuk memberi motivasi, mengatasi konflik dalam tim, memimpin tim dan mampu mengumpulkan tim dengan baik.

Itulah 5 hardskill yang paling dibutuhkan perusahaan menurut LinkedIn. Apakah Kamu memiliki salah satu dari lima keterampilan di atas?. Kalau belum, teruslah berlatih. Semakin kamu belajar keterampilan baru dan mengasahnya akan semakin mudah untukmu untuk mendapatkan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu Tech Expert!

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *