5 Fitur yang Seharusnya Hadir Pada iPhone 12

Indah Mutia Ayudita . November 16, 2020

Foto: GSMArena

Teknologi.id - Tak perlu diragukan, iPhone 12 merupakan perangkat yang mengesankan dengan fitur-fitur luar biasa seperti dukungan 5G, desain baru, dan dukungan pengisi daya MagSafe dari Apple. Namun, ada beberapa hal yang bisa ditambahkan untuk menjadikan perangkat ini menjadi lebih baik lagi.

1. Penyimpanan yang diperluas

Foto: infobitez

Apple tidak menyediakan slot untuk memperluas penyimpanan kartu microSD di ponselnya, termasuk pada iPhone 12. Meskipun kebanyakan pengguna tidak bermasalah dengan hal ini, namun tidak ada salahnya menyediakan slot tambahan jika penyimpanan internal penuh. Terlebih jika pengguna sering memanfaatkan perangkat untuk merekam video dengan ukuran 4K atau mengunduh banyak game-game berukuran besar dengan grafis yang tinggi.

Baca juga: Apple Tak Jadi Luncurkan iPhone SE 3 Awal 2021

2. Pemindai sidik jari

Foto: Vivo

Apple tidak menyediakan pemindai sidik jari bawaan sejak beberapa generasi iPhone yang lalu dan menggantinya dengan FaceID yang memanfaatkan teknologi pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel. Tidak ada yang salah dengan fitur ini, sampai virus corona melanda dan pengguna diwajibkan menggunakan masker ketika berada di tempat umum. Proses pembukaan ponsel akan lebih cepat dan mudah jika ada opsi lain seperti pemindai sidik jari.

3. Refresh rate 120Hz

Foto: Cashify

Semua model iPhone 12 memiliki refresh rate 60 Hz yang diharapkan bisa ditingkatkan sampai 120 Hz. Refresh rate yang lebih cepat memberikan tampilan yang lebih halus pada ponsel ketika dioperasikan, tanpa adanya gerakan buram saat berpindah antar layar dan tampilannya akan terasa sedikit lebih tajam. Sepertinya Apple memilih untuk tetap menggunakan layar dengan refresh rate 60 Hz untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai karena fitur 5G membuat ponsel lebih cepat kehabisan baterai.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: 5 Langkah Efektif Untuk Membersihkan Layar Ponsel

4. Lensa Telefoto

Foto: Apple

Kamera iPhone 12 bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan luar biasa dengan menggunakan lensa default dan lensa wide. Sayangnya, ponsel ini tidak bisa diperbesar kecuali dengan lensa telefoto yang terpasang pada iPhone 12 Pro, 12 Pro Max, atau pada ponsel generasi sebelumnya seperti iPhone 11 Pro. Fitur ini mungkin tidak terlalu berpengaruh untuk pengguna yang tidak mendalami fotografi.

5. ProRaw

Foto: YouTube/A Better Computer

ProRaw Apple adalah format gambar yang menggunakan kemampuan fotografi komputasi kamera namun masih memungkinkan untuk melakukan pengeditan, layaknya file gambar mentah yang diambil dengan DSLR profesional. Fitur ini tersedia untuk iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Lagi-lagi, fitur ini sepertinya hanya akan bermanfaat bagi para pengguna yang mendalami fotografi.

(im)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler