5 Langkah Efektif Untuk Membersihkan Layar Ponsel

Super Intern . November 13, 2020

Foto: Wolipop

Teknologi.id - Ponsel atau HP adalah salah satu barang yang sering dipegang sehari-hari. Walaupun kita memegangnya dengan tangan yang bersih, belum tentu ponsel yang dipegang juga sama bersihnya.

Debu, keringat, dan kotoran lainnya yang tidak terlihat bersarang di tangan dan juga di ponsel yang kita pegang. Terlebih lagi, sidik jari yang kita tinggalkan di layar ponsel juga membuatnya tampak kotor.

Memang layar ponsel saat ini sudah dilengkapi kaca anti gores untuk meminimalisir goresan atau retakan yang disebabkan karena ponsel terjatuh. Namun, kaca anti gores ini tidak bisa memproteksi layar ponsel dari debu, kuman, atau bekas sidik jari.

Membersihkan layar ponsel tidak boleh sembarangan. Layar ponsel tidak boleh dibersihkan menggunakan karbol, pemutih, sabun, dan bahan pembersih lainnya.

Berikut Teknologi.id berikan 5 langkah efektif untuk membersihkan layar ponsel. Simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Tips Mengecek Review Palsu dari Toko Online

1. Matikan Ponsel

Sebelum membersihkan layar ponsel, ada baiknya ponsel dimatikan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah ponsel memberi reaksi terhadap sentuhan atau usapan.

Mematikan ponsel juga berguna untuk mencegah terjadinya korsleting listrik saat membersihkan layar ponsel.

2. Bersihkan Ponsel dengan Kain Mikrofiber

Usap layar ponsel dengan kain mikrofiber secara perlahan. Kain mikrofiber biasa dipakai untuk mengelap lensa kacamata. Gerakan saat mengelap layar ponsel juga sebaiknya perlahan dan jangan terlalu kencang.

Membersihkan layar ponsel dengan kain mikrofiber saja belum bisa membuat layar ponsel bersih sepenuhnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat kotoran yang nampak di layar ponsel.

3. Tuang Cairan Pembersih ke Kain Mikrofiber

Cairan pembersih untuk layar ponsel bisa berupa cairan pembersih kaca, micellar water, atau cuka putih yang dicampur dengan air yang perbadingannya 50:50. Tuang cairan tersebut ke kain mikrofiber, tapi jangan sampai kainnya terlalu basah.

Setelah itu usap perlahan kain mikrofiber ke layar ponsel. Usapkan dengan gerakan memutar secara perlahan. Pastikan semua area terusap dengan merata.

Baca Juga: Resmi Dipasarkan, PS5 Langsung Sold Out di Berbagai Negara

4. Ulangi dan Seka Dengan Tisu Disinfektan

Jika langkah nomor 3 sudah selesai dilakukan, kamu bisa mengulanginya lagi beberapa kali. Pastikan seluruh area layar ponsel diusap merata, termasuk di bagian sisi-sisinya.

Setelah dirasa cukup, kamu bisa mengakhirinya dengan menyeka layar dengan tisu disinfektan. Hal ini bertujuan untuk memastikan kuman dan bakteri yang menempel pada layar ponsel sudah terangkat dan mati.

5. Biarkan Ponsel Mengering

Biarkan ponsel mengering selama 5 hingga 10 menit sebelum dinyalakan kembali. Selagi menunggu ponsel mengering, kamu bisa membersihkan casing ponselmu.

Lepaskan casing, lalu ulangi cara-cara diatas. Kamu bisa tuang cairan pembersih lebih banyak karena kebanyakan casing ponsel terbuat dari plastik yang keras.

Itu dia 5 langkah efektif untuk membersihkan layar ponsel. Kamu bisa deep clean layar ponselmu seminggu sekali. Selamat mencoba!

(rh)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler