Apple Tak Jadi Luncurkan iPhone SE 3 Awal 2021

Rima Fidayani Rizki . November 13, 2020

Foto: Android Central

Teknologi.id - Apple dikabarkan tidak jadi meluncurkan iPhone SE generasi terbaru pada awal tahun 2021. Terdapat beberapa alasan yang diduga melatarbelakangi hal tersebut. 

Baca Juga: Smartwatch Huami Zepp Z Dikabarkan Bakal Hadir 17 November

Ming-Chi Kuo, seorang analis dari TF International Securities, menyebutkan bahwa alasan mengapa Apple membatalkan peluncuran iPhone SE 3 diduga karena iPhone SE generasi saat ini (yang baru-baru ini diluncurkan) cukup menuai kesuksesan di pasaran. Oleh karenanya, Apple belum merasa perlu untuk meluncurkan iPhone SE 3 dalam waktu dekat.

iPhone SE diluncurkan pada bulan April tahun 2020 dengan harga banderol US$399 (sekitar Rp5,6 juta), demikian dilansir dari Wccf Tech.  Apple disebut memiliki tradisi untuk merilis produk serupa tetapi dengan fitur dan desain yang lebih baru pada tahun berikutnya. 

Menurut analisis Kuo selanjutnya, Apple sepertinya tidak akan meluncurkan iPhone SE baru sebelum penjualan model saat ini mencapai 20 juta unit. Sayangnya, jumlah penjualan iPhone SE generasi sekarang itu tidak bisa diketahui karena Apple tidak lagi melaporkan penjualan unit perangkatnya.

Kalaupun peluncuran iPhone SE 3 di 2021 tidak dibatalkan, perubahan yang akan dibawanya hanya sedikit. Pasalnya, dapur pacu pada iPhone SE 3 tetap menggunakan chip A13 Bionic, bukan chip terbaru A14 Bionic seperti yang digunakan iPhone 12, menurut laporan yang diterima Kuo. 

Chip A13 Bionic memang unggul dari Snapdragon 875 dalam tes single-core. Tetapi, untuk menjalankan multi-core, chip ini sedikit lebih lambat.

Selain itu, pasokan kamera untuk iPhone 13 yang diperebutkan oleh empat pemasok Apple sepertinya mempengaruhi persiapan dan produksi dari iPhone SE generasi terbaru, sebagaimana dilansir dari GSMArena

Baca Juga: Porsche dan AOC Rakit Monitor Gaming dengan Desain Mewah

Belum terdapat keterangan lebih lanjut pada laporan tersebut mengenai nasib iPhone SE generasi terbaru di paruh kedua 2021. Namun, biasanya paruh kedua suatu tahun akan digunakan untuk meluncurkan perangkat andalan sehingga kecil kemungkinannya bagi iPhone SE 3 untuk diluncurkan bersama iPhone 13.

(rf)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler