5 Browser untuk Jelajahi Deep Web, Berani Coba?

Teknologi.id . July 09, 2020

Foto: STIMME.de

Teknologi.id - Berbeda dengan wajah internet yang kita kenal, Deep web atau yang biasa disebut sebagai Invisible Web, Hidden Web, maupun DeepNet adalah bagian dari protokol world wide web (www), hanya saja keberadaannya tidak termasuk ke dalam index publik, dan tidak dapat diakses secara leluasa oleh pengguna jaringan Internet pada umumnya.

Ibaratnya, bila diumpamakan dunia internet ini bagaikan fenomena gunung es. Berbagai situs website yang bisa kita telusuri menggunakan Google, Bing, atau Yahoo itu merupakan bagian permukaan gunung es yang bisa dilihat dengan mata atau istilahnya Surface Web. Sedangkan bongkahan gunung es di bagian bawah permukaan air laut yang jauh lebih besar adalah gambaran dari tumpukan konten yang ada di dalam Deep Web.

Dengan cakupan kapasitas yang berkali-kali lipat lebih besar dari Surface Web, Deep Web tentu berisi informasi yang jauh lebih banyak dan lebih lengkap. Misalnya seperti database pelanggan, data penjualan, transaksi keuangan, atau bahkan yang paling terkenal seperti  situs jual beli barang berbahaya, narkoba hingga organ manusia!

Namun, untuk mengakses Deep Web, tidak semua peramban (browser) bisa digunakan. Kamu butuh browser yang dapat membuka format onion, format yang digunakan oleh situs Deep Web. Berikut ini Teknologi.id rekomendasikan 5 browser yang bisa kamu gunakan untuk menjelajahi kedalaman Deep Web.

Baca juga: Tips Melindungi Password dan Data Pribadi

5 Browser untuk Jelajahi Deep Web

1. Tor Browser

Tor Browser adalah browser paling terkenal untuk menjelajahi Deep Web. Malah, browser ini adalah yang pertama kali dibuat untuk Deep Web.

Bersifat open-source, Tor Browser dapat kamu unduh secara gratis dan gunakan hampir di semua platform sistem operasi (OS): dari Windows, Linux, MacOS, dan bahkan di perangkat Android serta iOS.

Tidak hanya untuk Deep Web, Tor Browser juga bagus digunakan untuk berselancar internet biasa karena dapat menjaga privasi. Tips untukmu, jika ingin privasi tetap terjaga, gunakan virtual private network (VPN).

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox? Ya benar, selain bersaing dengan Google Chrome dan Safari, Mozilla Firefox ternyata bisa digunakan untuk mengakses deep web. Namun, untuk masuk ke deep web lewat Mozilla Firefox, kamu butuh menyambungkan browser ini dengan Tor Network, yaitu dengan mengubah informasi router Firefox. Tutorialnya seperti pada video di bawah ini:

Jika menggunakan Mozilla Firefox, kamu harus memasang plugin dan siap-siap menyalakan VPN agar dapat berselancar di deep web tanpa takut identitas terbongkar.

Baca juga: Obati Penasaranmu, Begini Cara Melihat Akun Instagram yang Di-Private

3. Waterfox

Sekilas mungkin berpikir Waterfox adalah saudara kembar Firefox karena sama-sama menggunakan nama Fox, namun rupanya Waterfox bukanlah berasal dari Mozilla.

Selain untuk berselancar di internet seperti biasanya, "saudara kembar" dari Firefox ini memiliki fitur yang amat berguna saat menjelajahi deep web. Waterfox mampu menghapus semua jejak dunia maya setelah kamu selesai, seperti kata sandi, kuki, dan riwayat kunjunganmu. Selain itu, Waterfox juga secara otomatis memblokir pelacak, sehingga lokasimu tetap aman. Meskipun berbeda 180 derajat dengan Firefox, banyak plugin lawas Firefox dapat kamu unduh dan pasang di Waterfox.

4. I2P

Invisible Internet Project atau I2P adalah browser yang mengizinkan akses internet dengan mudah, baik secara biasa maupun deep web. Dengan sambungan berlapis, I2P mengacak dan menutupi jejak data, sehingga mempersulit para peretas hingga penyedia layanan internet melacak lokasi dan mengidentifikasi pengguna.

Selain itu, kamu dapat menggunakan kunci publik dan pribadi melalui I2P. Mirip seperti cara kerja bitcoin, I2P juga mengimplementasikan teknologi darknet dan sistem penyimpanan file terdesentralisasi untuk membuatmu tetap anonim. Dengan sistem keamanan yang rumit tersebut, I2P adalah alternatif yang bagus untuk Tor Browser.

Baca juga: Terungkap! Begini Cara Mengetahui Orang yang Menyimpan Foto Instagram Kita

5. TAILS

The Amnesic Incognito Live System, disingkat TAILS, adalah browser menuju deep web yang juga dibuat berdasarkan Tor Browser. Sebagai live operating system, TAILS dapat digunakan lewat CD atau USB di PC atau laptop tanpa harus di-install. Bicara soal sistem, TAILS adalah salah satu yang terbaik di daftar ini.

Diciptakan secara open-source, TAILS menggunakan kriptografi yang sangat canggih sebagai pelindung tambahan agar identitasmu tetap aman saat menjelajah di deep web. Keamanan tersebut termasuk semua file, pesan, video, gambar, dan surel yang dikirim dan diterima saat berselancar di deep web.

Selain itu, TAILS juga secara otomatis mematikan dan menghentikan secara sementara kinerja OS apa pun yang kamu gunakan agar meminimalkan risiko peretasan atau pelacakan. Tentu saja, kinerja OS-mu akan kembali seperti semula setelah OS TAILS ditutup. Jangan khawatir, TAILS hanya menggunakan RAM di PC atau laptopmu.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler