5 Bahasa Pemrograman Baru untuk Dipelajari Tahun 2019

5 Bahasa Pemrograman Baru untuk Dipelajari Tahun 2019Teknologi.id – Tahun 2019 memberikan kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru. Sebagai seorang programmer, salah satu tujuan terbesarmu adalah belajar bahasa pemrograman baru. Ada beberapa keuntungan mempelajari sesuatu yang baru. Salah satunya adalah mengasah keterampilan atau skill-mu. Jadi, apa saja bahasa pemrograman baru untuk dipelajari tahun 2019?

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, bahasa pemrograman baru terus muncul. Hal ini dapat membuat kita sulit untuk memilih bahasa yang tepat. Untuk membantumu membuat pilihan yang sempurna, dilansir dari Technotification berikut adalah daftar bahasa pemrograman baru untuk dipelajari tahun 2019.

Bahasa Pemrograman Baru Untuk Dipelajari Tahun 2019

1. Swift

5 Bahasa Pemrograman Baru untuk Dipelajari Tahun 2019

Apakah kamu berencana untuk menjadi pengembang iOS? Swift adalah bahasa yang sempurna untuk kamu pelajari di 2019. Bahasa Swift adalah salah satu bahasa yang terutama digunakan dalam komunitas pengembangan Apple. Dari tampilan hal-hal, tampaknya bahasa dapat memperluas cakupannya ke sistem operasi lain. Ini juga dapat digunakan untuk pemrograman server dan sistem.

Sebagai bahasa pemrograman baru, Swift sangat aman dan mudah dipelajari. Sebagian besar programmer menganggapnya sebagai alternatif untuk Objective-C. Ini terutama karena ia memecahkan beberapa masalah berulang yang datang dengan Objective-C.

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Swift

2. Kotlin

5 Bahasa Pemrograman Baru untuk Dipelajari Tahun 2019

Dengan cara yang sama seperti Swift untuk iOS, Kotlin untuk Android. Ini dianggap sebagai alternatif yang sempurna untuk Java terutama di kalangan pengembang Android. Bahasa ini secara resmi diterima oleh Google dan ini berarti bahwa pengembang Android yang bergantung pada Java dan C ++ sekarang dapat menemukan alternatif yang sempurna.

Meskipun Kotlin adalah bahasa baru, bahasa ini telah sepenuhnya dianut oleh perusahaan besar seperti Netflix, Trello, Pinterest, Coursera, dan yang lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa Kotlin diterima dengan baik. Salah satunya adalah kenyamanan yang disediakannya. Misalnya, programmer akan menulis lebih sedikit kode ketika menggunakan bahasa ini untuk mengembangkan aplikasi Android. Ini berarti bahwa itu mempersingkat waktu pengiriman untuk proyek sementara pada saat yang sama mengurangi biaya pengiriman proyek. Juga lebih mudah untuk memelihara aplikasi yang dibangun menggunakan Kotlin daripada yang dibangun di Java.

3. Go

Baca juga: 10 Website Gratis untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Go adalah salah satu bahasa pemrograman baru yang paling cepat berkembang. Ini adalah salah satu bahasa yang diharapkan untuk membuat buzz besar di 2019. Jadi, untuk apa bahasa itu digunakan? Atau, mengapa kita harus menggunakan Go?

Jika kamu adalah pengembang Python dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, ini adalah bahasa yang bisa digunakan. Ini karena bahasa tersebut dipandang sebagai alternatif untuk Python. Ini juga merupakan pilihan ideal untuk pengembang back-end yang hanya menginginkan bahasa alternatif.

Go dikembangkan dan disponsori oleh Google untuk tujuan menangani proyek yang kompleks tanpa mengganggu alur kerja. Bahasa ini menyatukan fitur-fitur terbaik dari pemrograman berorientasi objek dan fungsional.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kursus Online untuk Belajar Bahasa Pemrograman 2019

4. Rust

Baca juga: 10 Website Gratis untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Rust adalah bahasa pemrograman baru untuk dipelajari tahun 2019 yang menjadi hit instan di antara para pengembang. Meskipun tidak sesederhana Python atau bahkan Go, bahasanya relatif lebih cepat dan lebih aman. Ini membuatnya menjadi bahasa yang ideal untuk pemrograman sistem.

Aturan ketat dari Rust menjadikannya pilihan yang sempurna untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi. Ini adalah bahasa yang dapat kamu percayai untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan tingkat keamanan tertinggi.

5. Julia

Baca juga: 10 Website Gratis untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Julia adalah bahasa pemrograman baru yang identik dengan kecepatan dan kinerja tinggi. Ini adalah bahasa serbaguna yang dapat dengan mudah dijalankan pada beberapa platform.

Dengan Julia, kamu dapat dengan mudah mengekspresikan pola pemrograman fungsional dan berorientasi objek. Ini dimungkinkan karena menggunakan paradigma pengiriman ganda.

Memiliki sintaks tingkat tinggi berarti bahwa Julia adalah bahasa yang mudah dipelajari dan digunakan terlepas dari pengalaman pemrograman Kamu. Ini juga merupakan bahasa open source yang kodenya dapat dengan mudah diperoleh dari Github.

Baca juga: 10 Website Gratis untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Kata-kata Terakhir

Apakah kamu siap menjelajahi bahasa pemrograman baru? Kamu tidak akan pernah salah dengan bahasa pemrograman di atas. Tidak hanya mereka baru tetapi juga mereka relevan dengan aplikasi teknologi saat ini. Kebanyakan dari mereka mudah digunakan dan bisa menjadi alternatif ideal untuk beberapa bahasa pemrograman lama. Selamat mencoba!

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *