6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Swift

6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Swift
6 alasan pentingnya belajar bahasa pemrograman Swift.

Teknologi.id – Terdapat beberapa pilihan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari seorang calon pembuat program atau aplikasi untuk teknologi besutan Apple. Belajar bahasa pemrograman Swift mungkin dapat menjadi salah satu pilihannya.

Bahasa pemrograman Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman yang tergolong masih sangat baru. Swift merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang digunakan oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi atau pemrograman pada iOS dan OS X. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sebagai pengganti dari bahasa pemrograman Objective C.

Perkembangan bahasa pemrograman Swift juga cukup cepat. Perusahaan Apple selalu meningkatkan kemampuan dari bahasa pemrograman tersebut. Tidak hanya kemampuan dari bahasanya, Apple juga meningkatkan fasilitas yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman Swift, baik berupa web ataupun aplikasi.

Bahasa pemrograman ini baru dikenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC 2014 lalu dan baru dirilis secara open-source pada ajang WWDC tahun 2015.

Baca juga: 3 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Pengembangan Aplikasi Android

Meski tergolong bahasa pemrograman baru, Swift merupakan bahasa pemrograman yang dilirik oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan produk-produknya, termasuk di dalamnya perusahaan raksasa Google, Facebook, dan Uber. Berikut ini 6 alasan pentingnya belajar bahasa pemrograman Swift.

6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Swift

1. Mudah untuk pemula

Salah satu kekurangan dari Objective C adalah bahasanya yang sangat berbeda dengan bahasa pemrograman lain semisal Java, C#, ataupun Python. Perbedaan yang luar biasa itu adalah salah satu faktor yang menyebabkan sedikitnya minat para developer muda untuk belajar Objective C. Kita bisa lihat betapa sedikitnya developer lokal yang mau mengembangkan aplikasi iOS hanya karena masalah di bahasa pemrograman.

Nah, Apple akhirnya menciptakan Swift yang jika dilihat dari bahasanya jauh lebih mudah dibandingkan dengan Objective C yang terkesan rumit. Terbukti dengan adanya Swift, jumlah developer yang terdaftar menjadi meningkat (berdasarkan laporan Apple).

2. Lebih cepat

Swift adalah bahasa pemrograman yang super cepat. Swift diklaim lebih cepat dari Java, Objective C, maupun Python. Itu karena Apple memang mendesain Swift benar-benar dari awal, agar bisa bekerja dengan lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya.

Semakin cepat bahasa pemrograman, semakin cepat pula sebuah kode bisa dieksekusi. Pada akhirnya, aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Swift akan semakin cepat pula kinerjanya.

Alasan Mengapa Kamu Lebih Baik Belajar Swift

Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Seorang Programmer Belajar Bahasa C

3. Lebih ringkas

Swift jauh lebih ringkas bila dibandingkan dengan Objective C. Sebagai contoh, ini adalah potongan kode untuk membuat objek baru dengan menggunakan Objective C.

Alasan Mengapa Kamu Lebih Baik Belajar Swift

Sedangkan, ini adalah potongan kode untuk membuat objek baru dengan menggunakan Swift.

Alasan Mengapa Kamu Lebih Baik Belajar Swift

Bagaimana? Lebih ringkas kan?

4. Open Source dan terus berkembang

Mulai dari versi Swift 2.0, bahasa ini berstatus “Open Source”. Itu artinya, akan lebih banyak pihak bisa ikut mengembangkan bahasa pemrograman yang satu ini. Bahkan, ada kabar kalau beberapa pihak akan mengimplementasikan Swift. Salah satunya adalah Google Android,. Nah, makin keren kan Swift ini?

5. Lebih aman

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang tergolong ke dalam bahasa yang aman. Bahasa pemrograman ini memiliki sesuatu yang sangat menarik, yaitu ia memiliki manajemen memori yang sangat bagus. Ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori.

Baca juga: 5 Website Terbaik untuk Belajar Bahasa Pemrograman Python

6. Banyak dibutuhkan

Bahasa pemrograman Swift sangat diminati karena ia adalah bahasa pemrograman yang membangun aplikasi Apple. Meskipun sistem operasi Android memiliki pangsa pasar dunia yang sangat besar, Apple memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Dengan demikian, lebih banyak pengembang aplikasi yang diperlukan untuk membangun aplikasi untuk sistem operasi tersebut.

Permintaan programmer Swift meroket di pasar kerja, karena sebagai bahasa pemrograman baru, tidak banyak programmer komputer yang akrab dengannya. Oleh karena itu, seorang coder baru bisa mengambil kesempatan untuk belajar dan mengisi celah pasar kerja untuk programmer Swift.

Itulah 6 alasan pentingnya belajar bahasa pemrograman Swift. Buat kamu calon programmer dan developer, tidak ada salahnya untuk langsung loncat ke Swift. Karena, Swift menawarkan lebih banyak kemampuan dan fitur-fitur baru. Semoga bermanfaat.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *