Super Mario Bros Menjadi Game Termahal di Dunia

Indah Mutia Ayudita . July 13, 2020

Super Mario Bros. yang terjual seharga Rp 1,65 miliar. Foto: Heritage Auction

Teknologi.id - Super Mario Bros. terus memecahkan rekor bahkan setelah 35 tahun dari awal rilis.

Sebuah kopian game tersebut yang rilis pada tahun 1985 terjual seharga USD 114.000 (sekitar Rp 1,65 miliar) dalam lelang pada website Heritage Auctions, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Super Mario Bros.dengan kondisi sama yang terjual seharga USD 100.150 (sekitar Rp 1,45 miliar) pada lelang yang dilaksanakan tahun kemarin.

Hasil lelang ini menjadikan Super Mario Bros. menjadi game termahal di dunia sampai saat ini.

Apa yang membuat versi game ini sangat didambakan para kolektor, sebenarnya?

Dengan rating 9,4 dari 10, Super Mario Bros. yang dijual masih dalam kondisi sempurna, nyaris seperti baru, dengan segel kemasan asli.

Baca juga: Nintendo Dikabarkan Akan Berhenti Bikin Game Mobile, Kenapa?

Versi ini juga merupakan versi khusus yang beredar di Amerika Serikat, yang telah mengalami iterasi dari waktu ke waktu.

Heritage Auction juga menjelaskan versi yang dijualnya memiliki hangtab cardboard (kardus pembungkus) yang membuat harga jualnya meroket.

Hangtab cardboard digunakan untuk membungkus game yang akan dijual di Amerika Serikat, sebelum penggunaan plastik digunakan untuk membungkus tiap game.

Ketika Nintendo mulai melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat, perusahaan tersebut terus memperbarui kemasannya termasuk penggunaan hangtab cardboard yang dilapis lagi dengan plastik.

Baca juga: Rayakan 10 Tahun PlayStation Plus, Sony Berikan 3 Game Gratis

Ada empat sub-varian hangtab cardboard yang diproduksi dalam jangka waktu satu tahun. Tiap sub-varian diproduksi dalam jumlah terbatas.

Singkatnya, tiap salinan game memiliki pembungkus berbeda-beda, sehingga memberikan kesan 'vintage' dengan nilai nostalgia yang cukup besar, terlebih untuk para penggemarnya.

Game ini juga merupakan game pertama dalam seri Super Mario Bros dan game terlaris sepanjang masa di konsol NES original.

Masih belum diketahui siapa pemenang lelang ini dan ia juga sepertinya tidak ingin membongkar identitasnya.

Yang jelas, ia seorang kaya raya yang berdedikasi untuk membangun koleksi game Nintendo atau game langka.

(im)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler