Nintendo Dikabarkan Akan Berhenti Bikin Game Mobile, Kenapa?

Alda Yuriska . June 25, 2020

Foto: Financial Times

Teknologi.id - Siapa yang tak kenal Nintendo, salah satu satu perusahaan game asal Jepang terbesar di dunia yang telah menghadirkan banyak game dan konsol populer yang banyak dikenal masyarakat. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir, Nintendo juga diketahui telah merilis berbagai game mobile seperti Super Mario Run, Tur Mario Kart, dan Dr. Mario World.

Tapi ternyata, baru-baru ini Nintendo dikabarkan berencana akan memberhentikan pembuatan game mobile nya seperti yang dilansir dari Gizmochina (25/06/2020), "Kami tidak perlu mencari untuk terus merilis aplikasi game baru untuk pasar ponsel," ujar Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa pada bulan Mei lalu.

Baca Juga: Sentuhan CGI di Film Terbaru Studio Ghibli Bikin Penggemar Kecewa?

Alasan dibalik rencananya ini dikabarkan karena perusahaan tidak melihat adanya peningkatan penjualan seperti yang dapatkan oleh pesaingnya selama kondisi lockdown terkait pandemi COVID-19 pada bulan Februari hingga Mei.

Selain itu, terpantau tidak satu pun dari game-game tersebut yang mendapatkan kepopuleran besar dibandingkan dengan game mobile lainnya, seperti PUBG dan Mobile Legend. Nintendo juga meyakini bahwa game-gamenya dapat bekerja lebih baik dengan pengontrol yang dirancangnya daripada perangkat ponsel yang hanya mengandalkan layar sentuh.

Baca Juga: Valorant Patch 1.02 Rilis, Banyak Update Baru!

Informasi tambahan, selama ini diketahui Nintendo menggunakan sistem penetapan harga yang berbeda dengan penggerak game lainnya, dimana Nintendo menggunakan sistem langganan untuk Mario Kart Tour dan pembelian satu kali untuk Super Mario Run.

Sedangkan pesaingnya, kebanyakan menggunakan model freemium yang menetapkan harga dengan peningkatan karakter dan senjata yang membutuhkan biaya.

(ay)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler