Smart Glasses Anti Malas Ini akan Pantau Kegiatanmu Agar Lebih Produktif!

Indah Mutia Ayudita . September 01, 2020

Specs, produk peningkat produktivitas. Foto: Aucitify

Teknologi.id - Apakah kamu mengalami kesulitan untuk terus fokus dalam pekerjaanmu?

Sebuah startup mengaku memiliki solusi untuk permasalahan ini. Aucitify mengembangkan kacamata pintar yang dilengkapi dengan AI untuk memantau apa saja yang tengah dilihat penggunanya. Ketika penggunanya terdistraksi, kacamata tersebut akan 'mengingatkan' untuk kembali fokus.

Kacamata pintar ini disebut Specs dan sudah dirilis di Indiegogo. Premis perangkat ini sangat sederhana, dengan kamera terpasang di rangka kacamata Specs yang sudah dilengkapi dengan machine learning untuk mendeteksi apa yang sedang dilihat penggunanya, merekam data, lalu mengirimkannya ke aplikasi yang terhubung pada ponsel pintar pengguna.

Aplikasi yang terhubung dengan Specs. Foto: Aucitify

Melalui aplikasi pada ponsel, pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai berapa lama waktu yang dihabiskan penggunanya untuk melakukan hal sehari-hari.

Baca juga: Fitur Find My Phone Samsung Bisa Digunakan Meski Perangkat Mati

Pengguna juga bisa memilih mode proaktif dengan mengatur sesi fokus ketika ingin berkonsentrasi pada aktivitas tertentu. Specs akan mengingatkan penggunanya ketika sedang melihat hal yang tidak seharusnya, misal, diatur untuk belajar, namun penggunanya malah bermain video games.

Specs akan menyalakan lampu disudut pandangan atau memainkan suara melalui speaker yang terpasang di kacamata tersebut sebagai pengingat.

Penemu sekaligus CTO Aucitify, Hisham El-Halabi melalui wawancaranya dengan The Verge, menyebutkan algoritma untuk Specs akan bisa mengidentifikasi 20 aktivitas berbeda, termasuk membaca, menulis, melihat hp, melihat laptop, menonton TV, berolahraga di gym, melakukan yoga, memasak, bermain musik, makan, dan ngobrol dengan orang lain. Aktivitas lain akan ditambahkan dan pengguna bisa mengatur kategori tiap-tiap aktivitas ini nantinya.

"Karena kadar produktif orang berbeda-beda, pengguna bisa memilih aktivitas mana saja yang akan disebut produktif," kata El-Halabi. "Untuk aktivitas yang lebih luas seperti belajar, pengguna bisa memilih aktivitas apa saja yang berhubungan dengan belajar seperti membaca, menulis, dan sebagainya."

Selain kamera dan speaker bawaan, Specs juga dilengkapi dengan oximeter, accelerometer, dan gyroscope sehingga perangkat ini bisa digunakan sebagai perangkat deteksi olahraga.

Baca juga: "Tulibot Smart Glasses", Kacamata Canggih untuk Penyandang Tuli Besutan Putra-Putri Asal Surabaya

Pengguna juga bisa mendengarkan musik dan menerima telepon dengan menggunakan Specs. Lensa Specs juga bisa diganti dengan lensa dari resep dokter sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Aplikasi Specs bisa menampilkan pelacakan aktivitas. Foto: Aucitify


Bagaimana dengan keamanan dan privasi pengguna?

Aucitify mengonfirmasi Specs tidak akan mengirim video atau foto apapun dan menggunakan machine learning untuk menganalisis visual ketika perangkat tersebut terhubung saja.

Perusahaan juga menyebutkan informasi dalam ponsel akan terenkripsi, meskipun bukan berarti kacamata tersebut tidak bisa dibajak.

Aucitify juga melaporkan perusahaannya tengah mengembangkan mode "mindfulness training" yang akan mendorong pengguna untuk melakukan aktivitas yang mungkin dilupakan penggunanya seperti membaca atau berolahraga.

Specs juga nanti bisa membimbing penggunanya untuk melatih pernafasannya. Dengan pola pikir yang tepat, meditasi pun bisa dilakukan dengan alat ini.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya