Dipamerkan di CES 2020, OnePlus Concept One Dilengkapi Kamera Tersembunyi

Teknologi.id . January 10, 2020

OnePlus Concept One

Foto: The Verge

Teknologi.id - Dalam gelaran pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, AS, pekan ini, OnePlus memamerkan konsep smartphone terbarunya, yaitu OnePlus Concept One.

Uniknya, smartphone terbaru rancangan OnePlus yang bekerja sama dengan McLaren ini mempunyai 3 buah lensa kamera belakang tersembunyi. Ketiga lensa kamera belakang tersebut bisa muncul dan menghilang secara otomatis sesuai kebutuhan pengguna.

Baca juga: Mengulik Kecanggihan Drone Amerika yang Tewaskan Jenderal Iran

Pete Lau, CEO sekaligus Founder OnePlus, mengungkapkan konsep smartphone ini adalah percobaan signifikan untuk menuju bentuk smartphone di masa depan. "

Kamera tak kasatmata ini merupakan bentuk desain kamera baru, yang menyelamatkan pengguna dari kompromi tata letak kamera saat ini.” ujar Lau.

Perusahaan asal Tiongkok tersebut memanfaatkan kaca elektrokronik yang dapat berubah buram sebagai penutup kamera belakangnya. 

(Kiri) Lensa kamera disembunyikan, (Kanan) Lensa kamera muncul. Foto: Digital Trends

Dengan teknologi tersebut, kaca akan berubah dari warna yang padat menjadi transparan ketika dialiri listrik, memunculkan lensa kamera di bawahnya. Teknologi ini terinspirasi dari fitur sunroof yang ada di mobil sport McLaren.

Lensa tersebut baru akan muncul saat pengguna mengaktifkan kamera di smartphone. Waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan kamera dari posisi tersembunyi adalah 0,7 detik.

Selain menyembunyikan lensa kamera, kaca elektrokromik juga berfungsi sebagai filter ND. Dalam fotografi, filter itu dalam menghalangi cahaya terlalu terang, sehingga menyamakan bayangan dan tangkapan cahaya untuk menangkap lebih banyak detail.

Baca juga: Realme 5i Dipastikan Bakal Meluncur di Indonesia pada Tanggal Ini

Concept One sendiri hadir dengan balutan kulit berwarna Papaya Orange di bagian belakangnya, warna khas McLaren. Sekilas bentuknya mirip dengan OnePlus 7T Pro yang juga hadir dengan konsep tanpa notch dan kamera depan pop up.

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya masih belum diketahui, karena smartphone ini masih berupa konsep atau prototipe saja. Belum diketahui dengan pasti, apakah OnePlus akan menjual perangkat ini atau tidak. Namun, OnePlus memastikan bahwa teknologi kamera tersebut akan diterapkan di lini ponsel yang akan diluncurkannya di waktu mendatang.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya