Dicap Produsen HP Murah, CEO Xiaomi Sedih

Teknologi.id . November 22, 2020
Foto: CNBeta


Teknologi.id - CEO Xiaomi, Lei Jun sempat berpidato dalam acara Yabuli Forum Annual Meeting 2020 yang diadakan pada Rabu (18/11/2020). Dalam acara tersebut ia berbicara tentang perusahaan China dan tiga kesalahpahaman umum tentang Xiaomi di masyarakat.

Salah satunya, katanya, adalah banyak orang yang masih berpikir bahwa Xiaomi tidak hanya memproduksi perangkat murah, tetapi juga produk berkualitas rendah. Nah, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan bahwa ia tidak ingin perusahaannya dicap sebagai produsen HP murah.

Memang betul jika Xiaomi menjual HP dengan harga terjangkau namun speknya pun juga berkualitas. Saat Xiaomi berdiri 10 tahun silam, perusahaan memiliki misi untuk mengubah persepsi bahwa produk China buruk kualitasnya.

Baca juga: Xiaomi Rakit PC Super Mini, Harga Mulai Rp 2,1 Jutaan

Oleh karena itu, mereka melakukan peningkatan kualitas diimbangi dengan penjualan dengan harga murah yang kemudian membuat HP Xiaomi melesat. Meski demikian, Lei Jun merasa sedih karena hingga saat ini cap murah masih cukup melekat pada produk besutannya.

"Sebagai hasilnya, setelah 10 tahun, banyak orang berpikir bahwa Xiaomi masih berada dalam level rendah, yang membuat saya amat sedih," katanya seperti dikutip dari Phone Mantra, Senin (22/11/2020).

Untuk memperbaiki anggapan yang salah ini, dia menyatakan bahwa perusahaan mulai memproduksi perangkat berteknologi tinggi dan menjualnya dengan harga yang lebih mahal, dimulai dengan Mi 10 Extreme Commemorative Edition yang dibanderol di atas USD 1.000.

Baca juga: Wireless Charging 80W Xiaomi Isi Baterai Full Cuma 19 Menit!

Lei Jun mengatakan ponsel tersebut adalah salah satu ponsel terlaris tahun ini. Selain itu, TV pintar 98 inci dengan harga USD 3.000 juga dirilis dan juga sangat populer.

Dengan adanya produk berteknologi tinggi dan harga yang lebih mahal, Lei Jun beranggapan hal ini akan membuat mereka lebih dikenal di seluruh dunia.

Menurut klaim Lei Jun, kedua produk di atas sambutannya baik di pasar. Dengan pernyataan Lei Jun ini, bisa jadi harga produk Xiaomi bakal semakin mahal di masa depan walaupun kemungkinan besar, formula value for money yang tinggi tetap mereka pertahankan karena terbukti sukses.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler