Deretan Keunggulan Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip

Teknologi.id . June 29, 2020

Foto: The Verge

Teknologi.id - Ponsel layar lipat generasi kedua Samsung, yakni Samsung Galaxy Z Flip, telah resmi meluncur beberapa waktu lalu.

Dengan konsep layar lipat ini, Samsung Galaxy Z Flip seolah ingin menawarkan konsep ponsel masa depan yang fleksibel dan mudah dibawa kemana saja.

Dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, sekitar Rp 21 jutaan, apa saja sih kelebihan serta keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy Z Flip ini?

Baca juga: Samsung Gunakan AI Untuk Mengontrol Tower 5G

1. Layar Bisa Dilipat

Foto: Techradar


Galaxy Z Flip menawarkan konsep layar lipat yang memungkinkan perangkat jadi lebih kecil sehingga mudah masuk ke dalam saku. Konsep ini tergolong menyenangkan sehingga tidak sedikit yang terkesan dengan kehadiran Samsung Galaxy Z Flip.

Samsung Galaxy Z Flip memiliki dimensi 167,3 x 73,6 x 7,2 mm, namun ketika ponsel ini dilipat, dimensinya menjadi 87,4 x 73,6 x 17,3 mm. Dengan dimensi ini, Galaxy Z Flip terasa seperti sebuah perangkat mini yang serba bisa dan praktis. Terlebih bobot ponsel ini tergolong ringan karena hanya memiliki bobot 183 gram.

2. Engsel Lebih Berkualitas

Foto: Android Authority


Durabilitas dan kualitas engsel menjadi masalah utama di beberapa ponsel layar lipat, seperti Galaxy Fold dan juga Motorola Razr. Samsung pun akhirnya memutuskan mengadopsi engsel Hideaway yang menggunakan semacam perisai berserat untuk melindungi Galaxy Z Flip dari debu dan kotoran, yang diklaim dapat dilipat dan dibuka hingga lebih dari 200 ribu kali.

3. Spek Lebih Gahar

Foto: Techradar


Tidak seperti Motorola Razr yang selain lebih mahal, juga dibekali dengan spesifikasi mid-range, Galaxy Z Flip memilih untuk all-out dengan menawarkan spesifikasi flagship. Lebih jelasnya, Galaxy Z Flip ditenagai oleh Snapdragon 855+, RAM 8GB, penyimpanan 256GB UFS 3.0 dan baterai 3,300mAh. Sementara itu, Motorola Razr yang notabene lebih mahal, hanya dipersenjatai oleh Snapdragon 710, RAM 6GB, penyimpanan 128GB dan baterai 2,510mAh.

Baca juga: Teknologi Ponsel dengan 6 Lensa Kamera Akan Menjadi Terobosan Baru Samsung?

4. Kamera Jempolan

Foto: AndroidPIT


Samsung Galaxy Z Flip tidak hanya sekadar menawarkan konsep ponsel lipat. Ponsel ini juga dibekali dengan kamera yang tergolong jempolan. Hanya saja kamera pada ponsel ini hanya ada dua. Kamera pertama adalah kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera kedua adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/2,2.

Kualitas foto dan video dari Galaxy Z Flip disebut-sebut cenderung mirip dengan Samsung Galaxy S10 yang dikenal sebagai salah satu smartphone dengan kualitas kamera yang terbaik.

5. Layar Kaca

Foto: Macrumors


Galaxy Z Flip memiliki kualitas material layar yang secara teknologi lebih baik dibandingkan ponsel lipat Samsung sebelumnya. Samsung kali ini telah menggunakan layar dengan material kaca yang sangat tipis alias Ultra Thin Glass, bukan lagi menggunakan layar bermaterial plastik seperti Galaxy Fold.

6. Selfie Tanpa Buka Layar

Foto: CNN


Di bagian luar Galaxy Z Flip atau lebih tepatnya di sebelah kamera belakang, terdapat fitur bernama Cover Display, yang merupakan layar mini berukuran 1,1 inci.

Layar mini tersebut dapat menampilkan informasi waktu dan tanggal hingga notifikasi panggilan, chat dan lain-lain. Menariknya, selain bisa digunakan untuk menunjukkan beragam notifikasi penting, layar kecil ini juga dapat dimanfaatkan sebagai layar preview untuk kamera belakang. Jadi, dengan kata lain, pengguna bisa mengambil foto selfie tanpa harus membuka layar Galaxy Z Flip.

Baca juga: Teknologi AR Google Terbaru di Android: Bisa Petak Umpet

7. Multifungsi

Foto: Teller Report


Desain Galaxy Z Flip sangat jauh berbeda dengan Galaxy Fold. Meski sama-sama dapat dilipat, salah satu keunggulan Galaxy Z Flip adalah layarnya bisa tidak dibuka sepenuhnya. Samsung menyebut ini dengan mode Flex, di mana sudut lipatan layarnya bisa diatur sesuka hati, sehingga dapat digunakan untuk beragam fungsi seperti menjadi laptop mini atau pun sebagai pengganti tripod untuk mendirikan ponsel.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya