Bocor, Skor Benchmark iPhone 12 Pro Max Kalah dari Android?

Teknologi.id . September 18, 2020


Foto:@apple_idesigner via GizChina


Teknologi.id - Apple telah mengumumkan chipset Apple A14 Bionic yang akan mentenagai ponsel flagship generasi terbarunya yakni iPhone 12.

Apple mengklaim bahwa chipset A14 Bionic memiliki CPU yang 17% lebih cepat dan GPU yang 8% lebih cepat dari pendahulunya, Apple A13.

Klaim tersebut rupanya bukan bualan belaka, karena berdasarkan bocoran hasil uji benchmark pada iPhone 12 Pro Max di Antutu, terungkap chipset A14 memiliki skor CPU yang 16% lebih tinggi dan skor GPU yang 4% lebih baik dibanding A13.

Baca juga: Cara Menghubungkan iPhone ke TV dengan Mudah

Kecepatan memori juga meningkat cukup signifikan dengan peningkatan hingga 22% lebih ngebut dibanding pendahulunya, tapi secara keseluruhan peningkatan performanya tidak begitu besar.

Dari hasil benchmark tersebut, meski mampu meraih skor keseluruhan 572.333, skor benchmark iPhone 12 Pro Max rupanya masih kalah dibandingkan dengan ponsel flagship Android dengan Snapdragon 865+ yang biasanya mencatat skor AnTuTu hingga 600.000 ke atas.

Meski begitu, dalam membandingkan hasil benchmark antar platform agak kurang seimbang karena memang ada perbedaan dalam bagaimana tugas di masing-masing platform dikerjakan.

Perbandingan hasil benchmark dengan A13 harusnya menjadi lebih relevan dan menunjukkan bahwa chipset 5nm ini tidak membawa lonjakan performa seperti prediksi banyak orang. Ada beberapa teori yang menjelaskan fenomena ini.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Android Jadi iPhone

Teori yang pertama, Apple mungkin lebih memprioritaskan daya tahan baterai dibanding performa yang lebih kencang, sehingga A14 bisa menggunakan lebih sedikit daya tapi tetap mencapai performa yang sama kencangnya.

Hal ini menjadi kemungkinan besar karena iPad Air 4 yang pertama kali menggunakan A14 Bionic memiliki daya tahan baterai yang sama dengan pendahulunya meski ukuran selnya 8% lebih kecil.

Teori kedua, bisa saja unit iPhone 12 Pro Max yang diuji adalah sampel, dan produk finalnya akan memiliki performa yang jauh lebih baik. Hmm, lebih baik kita sabar menunggu saja ya!

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya