Bersama ASUS, Qualcomm Garap Smartphone Gaming Debutannya

Annisa Fadillah . October 09, 2020

Foto : MySmartPrice

Teknologi.id - Qualcomm dan Asus dilaporkan sedang mengerjakan smartphone gaming mereka sendiri, dengan Qualcomm yang menjadi perusahaan utama. Sejauh ini, tidak jelas berapa banyak kontrol pada smartphone atau branding yang akan dimiliki Qualcomm, tetapi laporan memperkirakan perangkat tersebut akan menampilkan Qualcomm Snapdragon 875 SoC yang dijadwalkan untuk diluncurkan akhir tahun ini sebagai prosesor andalan Qualcomm untuk tahun 2020.

Meskipun begitu, ada juga rumor lain yang memperkirakan bahwa perangkat tersebut akan datang dengan merek Asus di bawah bendera Republic of Gamers. Jika proyek ini benar terealisasi, maka menunjukkan bahwa ini akan menjadi smartphone gaming debutan Qualcomm. Perangkat tersebut dapat diluncurkan pada acara tahunan Qualcomm yang akan diselenggarakan secara virtual pada akhir tahun ini, saat prosesor andalan terbaru juga akan diluncurkan untuk digunakan oleh OEM lain.

Baca Juga : Qualcomm Snapdragon 875 Diramalkan Lampaui A14 Bionic

Qualcomm telah merancang papan sirkuitnya sendiri untuk menguji prosesornya selama beberapa waktu, sehingga ia memiliki keahlian yang cukup dalam membangun semua hal penting untuk sebuah smartphone gaming. Di sisi lain, hadirnya ASUS dapat membawa keahliannya di bidang lain termasuk tampilan refresh rate yang tinggi, sistem pendingin yang disesuaikan, baterai besar dengan standar pengisian cepat khusus, serta elemen khusus ROG seperti kontrol permainan gerakan, pencahayaan LED RGB dan lainnya.

Chipset Snapdragon 875 yang akan diluncurkan itu, dipastikan akan menampilkan konektivitas 5G dan dijadwalkan untuk beralih ke arsitektur manufaktur 5nm, yang akan mewakili peningkatan signifikan dalam kinerja serta efisiensi secara keseluruhan. Qualcomm juga kemungkinan akan meningkatkan neural engine dan kecerdasan buatannya dengan chipset baru. Hal tersebut dapat berujung pada smartphone gaming Qualcomm-Asus yang mungkin akan menjadi yang pertama memanfaatkan chipset baru.

Dengan adanya kerjasama ini, Qualcomm dapat memasuki gerbang menuju produsen smartphone dan bukan lagi hanya sekedar pemasok "sederhana". Menggandeng Asus sebagai mitranya untuk mengembangkan smartphone gaming sepertinya merupakan keputusan yang baik. Terlebih ASUS ini telah mem-branding dirinya selama beberapa tahun dengan jajaran ROG, smartphone, dan laptop yang didedikasikan memang untuk gaming.

Jika rumor ini benar terjadi, maka para gamers harus bersiap akan hadirnya smartphone gaming super dan anti nge-lag ini. Perihal konfirmasi lanjutan dan detail informasi, masih belum dibeberkan secara gamblang oleh kedua belah pihak.

Baca Juga : 6 Perangkat Gaming Terbaik di Tahun 2020

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler