Foto: Unsplash
Teknologi.id – Ingin berbisnis namun masih bingung menentukan
ide yang akan dijalankan? Sebetulnya, ide berbisnis bisa datang dari mana saja.
Bahkan, ide berbisnis bisa datang dari apa yang kita lakukan setiap harinya.
Hobi yang kita miliki juga dapat
dijadikan sumber inspirasi dalam membangun suatu ide bisnis. Dalam memulai hobi
sebagai ide dalam berbisnis, terdapat beberapa langkah yang bisa kamu ikuti
agar bisnis tersebut berjalan lancar.
Pakai Hobi yang Paling Mengguntungkan
Pastinya setiap orang memiliki lebih
dari satu hobi yang ditekuni nya. Untuk permulaan, kita dapat memilih satu hobi
mana yang paling menguntungkan untuk bisnis yang akan dijalani.
Mengapa harus memilih satu? Agar kita
dapat lebih fokus dalam menjalankan bisnis yang dipilih tersebut. Misal, kita
memiliki hobi olahraga dan fotografi. Sekarang coba pikirkan mana hobi yang
akan menguntungkan jika di bisnis kan. Akhirnya kita memilih fotografi, karena
setelah berfikir sepertinya dari hobi tersebut kita bisa mendapat banyak uang
dari freelancer fotografer, mendapat uang royalti dari lisensi, dan bisa
menjadi agency.
Buat Rencana
Untuk menjadikan hobi kita
menguntungkan diperlukan perencanaan sejak awal. Jika tidak ada rencana yang
matang, apa yang akan dijalankan nantinya menjadi tidak jelas dan dikhawatirkan
akan berhenti tengah jalan.
Mulai lah membuat rencana. Mulai dari rencana satu tahun kedepan, dua tahun kedepan, atau bahkan lima tahun kedepan. Kita juga bisa mengajak teman seperjuangan untuk berdiskusi.
Baca juga: Hobi Nge-game? Ini Profesi yang Cocok untuk Kamu
Pahami Target Pasar
Bisnis yang menguntungkan pasti
diawali dengan banyaknya pembeli yang akan berdatangan. Tanpa mengenali siapa
saja orang yang akan membeli produk/jasa yang ditawarkan, kita tidak akan
untung.
Maka dari itu, langkah selanjutnya
adalah segera kenali target pasar bisnis yang akan dijalankan. Memanfaatkan
pengetahuan kita untuk menggali siapa saja yang akan membeli produknya.
Misalnya, kita memiliki hobi pada
bidang fashion, maka kita dapat mulai menganalisis lebih dalam terkait perkembangan
pasar fashion di sekitar. Mulai dari trend apa yang sedang berkembang, mana
gaya fashion yang sedang dicari oleh para penggemar fashion, siapakah target
pelanggannya, aksesoris fashion mana yang sudah tidak diminati oleh para
konsumen, dan lainnya.
Tinggalkan Komentar