Hobi Nge-game? Ini Profesi yang Cocok untuk Kamu

Muhammad Iqbal Mawardi . February 16, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Kamu suka bermain game? Game seperti apa yang suka kamu mainkan? Apakah game mobile yang ada di smartphone? Atau game konsol seperti PS 5? Apapun jenis game-nya, pernah enggak sih terpikir di benak kamu kalau hobi bermain game ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan?

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Di zaman sekarang ini, hal tersebut rasanya bukanlah mustahil. Saat ini, beragam profesi di bidang games sudah banyak merebak. Profesi di bidang games ini tidak melulu soal menjadi seorang pemain saja lho!

Penasaran apa saja profesi tersebut? Berikut deretan profesi untuk kamu yang hobi nge-game!

Profesional Gamer

Foto: Unsplash

Sebagai seorang yang hobi nge-game atau gamer,  menjadi pemain game profesional tentu merupakan pekerjaan yang sangat diminati. Saat ini, industri game di Indonesia semakin terbuka bagi para gamer profesional yang ingin menjadikan dunia gaming sebagai profesi yang menghasilkan uang.

Tapi, ingat ya, layaknya berbagai pekerjaan lain, untuk menjadi seorang pemain game profesional ada banyak hal yang harus kalian lakukan. Seorang gamer profesional tentunya harus banyak berlatih dan mendalami kemampuannya dalam bermain game.

Game Developer

Foto: Unsplash

Untuk kamu yang memang suka bermain game dan memiliki kemampuan dalam bidang pemrograman, menjadi game developer dapat menjadi pilihan. Sebagai seorang yang menyukai game, dapat menciptakan game sendiri tentu merupakan dambaan setiap orang.

Belum lagi, gaji yang tergolong besar ditawarkan bagi siapa saja yang mampu menjadi seorang game developer. Hal tersebut dikarenakan sulitnya kompetensi yang harus dimiliki seorang game developer.

Baca juga: Menyelami Lebih Dalam Akan Profesi Potensial: Produk Manajer

Tester Game

Foto: Unsplash

Membuat game itu bukan hal yang mudah lho. Butuh waktu berbulan-bulan untuk sekedar bikin game mobile yang layak main dan jual. Dari semua hal itu, para game developers membutuhkan seorang tester game untuk mengetes game buatan mereka tersebut.

Menjadi seorang tester game membuat kita akan mengetahui dan memainkan terlebih dahulu game yang akan diluncurkan. Seorang tester game akan selalu selangkah lebih depan terkait informasi game yang akan diluncurkan.

Jurnalis Game

Foto: Media Bistro

Bidang jurnalistik memiliki beragam kompartemen yang dapat menjadi pilihan, salah satunya di bidang game. Di zaman ini, game sudah menjadi kompartemen sendiri di bidang jurnalistik. Diperlukan pengetahuan serta keingintahuan yang tinggi untuk bisa menjadi seorang jurnalis game.

Jurnalis game sendiri memiliki tugas untuk membuat tulisan mengenai review game, event, sampai dengan mewawancarai para pelaku di bidang tersebut. Di luar negeri, seorang jurnalis game profesional menerima gaji $26,000 atau sekitar 346 juta rupiah per tahunnya.

Shoutcaster

Foto: Esportsnesia

Kalau kamu memiliki hobi bermain game dan juga pintar dan lancar dalam berbicara mengenai pertandingan game, mungkin shoutcaster dapat menjadi pilihan. Shoutcaster adalah seorang “komentator” dalam pertandingan game yang tentunya memiliki kemampuan dalam menganalisis suatu pertandingan game.

Oleh karenanya, seorang shoutcaster dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam terkait dunia gaming. Selain itu, kamu harus mempunyai pengucapan kata yang jelas, menciptakan suasana yang menarik, dan mempunyai pendapat yang cerdas tentang strategi yang sedang dimainkan oleh tim yang sedang bertanding.

Streamer Game

Foto: My Republic

Saat ini, banyak gamer yang mendapatkan pemasukan melalui siaran atau streamingnya di media sosial pribadinya. Saat ini terdapat banyak platform livestream game yang kekinian.

Menjadi seorang streamer tidak harus memiliki skill bermain game yang pro. Kemampuan dalam menghibur viewer yang menonton stream tersebut adalah senjata utama bagi seorang streamer game.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan industri E-Sports? Jika kamu tertarik, Teknologi.id mempunyai kelas premium menarik yaitu "Esports 101 with Revival TV" dengan pemateri yang expert di bidangnya yaitu Co Founder & CGO Revival TV Irliansyah Wijanako dan Business Development Revival TV Marsa Abimantra.

Hanya dengan Rp100.000 per bulan saja kamu sudah mendapatkan banyak keuntungan di antaranya 2x sesi Zoom per bulan, akses full tanpa batas waktu, 4 sumber materi yang bisa di download tiap bulannya, bebas tanya jawab, serta tugas agar lebih mendalami bidang E-Sports itu sendiri. Jika kamu tertarik untuk mendaftar, bisa klik di sini.

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler