Indonesia Urutan Ketiga Pengguna Facebook Terbanyak! Ini Keahlian yang Harus Dimiliki

Adnan Algifari . May 05, 2023

Foto: Pixabay/Firmbee

Teknologi.id - Mark Zuckerberg yang menjadi inisiator atas terciptanya Facebook, di mana sosial media berlogo F tersebut telah banyak membantu orang-orang untuk saling terhubung dengan lebih aktif dan menghibur, karena banyak fitur-fitur yang cukup lengkap dan dapat diakses oleh semua orang asalkan ada internet.

Tak aneh, jika Facebook menjadi salah satu sosial media yang menduduki peringkat nomor satu sebagai pengguna terbanyak di dunia sampai saat ini yang mencapai angka 1,98 miliar pengguna aktif. Meskipun, angka ini disebut menurun sebesar 6,0% dibanding dengan tahun lalu menurut laporan We Are Social.

Ada 8 negara yang memberikan sumbangsih pengguna Facebook terbanyak, yaitu India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil dan Meksiko dengan masing-masing pengguna sebanyak 314,6 juta, 175 juta, 119,9 juta, 109,05 juta dan 83,5 juta.

Lalu diikuti oleh Filipina, Vietnam dan Thailand dengan masing-masing pengguna sebanyak 80,3 juta, 66,2 juta dan terakhir 48,1 juta. Dan dengan total jumlah dari keseluruhan negara, Facebook sebagai pelopor pertama media sosial layak mendapatkan peringkat satu.

Baca juga: Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi, Bisa Tanpa Nomor HP dan Email!

Setelah melihat data di atas, Teknologi.id telah merangkum tentang pemanfaatan Facebook sebagai platform karier, kamu perlu memiliki keterampilan yang dibutuhkan dan terus mengikuti tren dan perkembangan terbaru di media sosial. Berikut ini 8 keterampilan yang penting untuk dimiliki.

1. Kemampuan komunikasi yang baik

Foto: Pixabay/sasint

Kamu harus berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan audiens Facebook, baik itu dalam konten yang kamu buat atau dalam respons yang kamu berikan pada pengguna Facebook.

Ketika kamu sudah menguasai ilmu komunikasi yang baik atau mempunyai pengalaman di bidang public speaking akan semakin memudahkan kamu membangun akun Facebookmu sendiri dan nantinya, bisa menjadi nilai investasi di era teknologi yang semakin pesat ini.

2. Keterampilan menulis dan desain grafis

Foto: Pixabay/Firmbee

Kamu harus bisa membuat konten yang menarik dan relevan untuk audiens Facebook. Keterampilan menulis dan desain grafis yang baik akan membantumu menciptakan konten yang menarik dan efektif.

Ketika kamu ingin membangun akun Facebookmu semakin besar, maka mau tak mau, suka tak suka, bisa tak bisa, ilmu menulis dan desain grafis haruslah dipelajari, setidaknya kamu harus tahu dasar-dasarnya. Namun, jika kamu mempunyai budget berlebih, bisa meng-hire freelancer desain grafis dan copywriter.

Baca juga: Akun Facebook Diretas? Coba Cara Ini untuk Mengembalikannya

3. Keterampilan analisis data

Jika kamu ingin memanfaatkan Facebook sebagai platform karier dalam bidang Digital Marketing atau Data Analyst, kamu perlu memiliki keterampilan analisis data yang baik. Kamu perlu dapat memahami data yang dihasilkan dari Facebook dan membuat laporan yang akurat dan bermanfaat bagi bisnis atau merek.

Hal ini akan menyebabkan kontenn-konten yang sedang kamu buat menjadi lebih tajam dan relevan, masuk ke setiap audiens Facebookmu.

4. Kreativitas dan inovasi

Foto: Pixabay/Ramdlon

Kamu juga dituntut memikirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mempromosikan merek atau produk di Facebook. Kreativitas dan inovasi juga diperlukan untuk membuat konten yang menarik dan berbeda dari yang lain.

konten yang unik dan berbeda dari yang lain akan didapatkan jika kamu terus menggali ide-ide yang out of the box menggunakan akal kreativitas yang tinggi. Pandji Pragiwaksono pernah bilang, "Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik".

5. Kemampuan manajemen waktu

Dalam memanfaatkan Facebook sebagai platform karier, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik untuk membuat konten, memantau respons, dan merespons pengguna Facebook dengan cepat dan efektif.

Karena kedisiplinan dan konsistensilah yang akhirnya menentukan hasil akhir dari segala proses perjuangan yang telah dilalui.

6. Kemampuan networking

Foto: Pixabay/geralt

Kamu juga harus mampu membangun jaringan dengan baik di Facebook untuk mempromosikan bisnis atau merek. Networking yang baik akan membantumu menjangkau audiens yang lebih besar dan membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pengguna Facebook.

Dan jika mempunyai dana yang lebih baik, kamu bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads untuk menjangkau lebih luas lagi dan menargetkan sasaran pasar lebih spesifik lagi.

Baca juga: Induk Perusahaan Facebook Berhasil Membuat Translator Berbasis AI

7. Pemahaman tentang strategi pemasaran digital

Untuk menciptakan konten yang efektif di Facebook, kamu perlu memiliki pemahaman yang baik tentang strategi pemasaran digital. Kamu perlu dapat memahami konsep seperti segmentasi pasar, persona pembeli, dan periklanan digital untuk menciptakan konten yang relevan dan efektif bagi audiens Facebook.

Mulailah investasikan uangmu untuk ilmu marketing dengan mengikuti berbagai macam kelas online, di mana kelas-kelas online tersebut akan mengajarkan ilmu marketing dengan lebih terperinci dan membuatmu semakin ekspert di bidang tersebut.

8. Kemampuan adaptasi

Facebook terus mengalami perubahan dan perkembangan yang cepat. Kamu perlu dapat beradaptasi dengan perubahan ini dan terus mempelajari fitur dan algoritma terbaru yang tersedia di platform. Kemampuan adaptasi yang baik akan membantumu mempertahankan keunggulan dalam karier Facebookmu.

Facebook menawarkan banyak potensi karier bagi individu yang ingin memanfaatkannya untuk tujuan profesional. Dengan keterampilan yang tepat dan kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan tren terbaru di media sosial, kamu dapat menciptakan karier yang sukses di Facebook.

(aa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar