Komentar Instagram Sekarang Bisa Hilang Sendiri, Begini Caranya

Ayu Puspita Lestari . July 20, 2024


Teknologi.id - Instagram merilis fitur baru yaitu, mengomentari konten yang ada di platform. Pengguna bisa meninggalkan note atau catatan langsung di video. Fitur baru akan tampil seperti stiker. Note akan muncul pada Reel ataupun postingan yang diunggah pengguna.

Note itu juga sifatnya tidak permanen komentar akan hilang tiga hari setelah diunggah kecuali dihapus lebih awal. Pengguna akan memiliki pilihan untuk mematikan fitur tersebut. Instagram juga melakukan upaya pencegahan adanya komentar tak pantas dalam Note di Reels dan postingan. Misalnya yang berbau bullying hingga pelecahan.

Pengguna akan memiliki pilihan untuk mematikan fitur tersebut. Juru bicara Meta Christine PaI mengonfirmasi kemampuan opsi itu.

Baca juga : Mudah! Simak Cara Keluar Channel Instagram dan Menonaktifkan Notifikasinya

Saat ini pengguna dapat menambahkan gelembung Notes kecil yang mengembang yang akan hilang dalam tiga hari kecuali jika  dihapus, di atas video dan foto. Catatan yang agak tersembunyi muncul di atas bagian komentar dan memiliki audiens yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat melihat Notes mereka di postingan, seperti hanya Teman Dekat atau pengikut yang mengikuti mereka kembali, yang berarti fitur ini cocok untuk lelucon atau pendapat pribadi yang mungkin tidak ingin kamu tampilan di kolom komentar publik, tetapi ini juga berarti bahwa orang lain dapat dapat memposting catatan di postingan kamu (dan bahkan menandai teman mereka atau melakukan percakapan) tanpa sepengetahuan si pengirim. "Keterangan ini dilaporkan The Verge."

Bagaimana Menggunakan Notes Baru di Reels

  • Klik ikon pesawat di sudut kiri bawah postingan
  • Ketuk "Tambahkan Catatan" di sudut kiri bawah
  • Ketik Catatan kamu, kelola preferensi audiens dengan memilih panah tarik turun di samping "Bagikan dengan."
  • Tekan share

Ketika pengguna menemukan Reel dan postingan dengan catatan dari teman, komentar tersebut akan muncul hampir seperti stiker di atas konten, fitur ini jelas dimaksudkan untuk memanfaatkan cara-cara yang lebih pribadi dalam menggunakan Instagram, seperti berkirim pesan denga teman, melihat apa yang dikatakan teman di platform tanpa harus menelusuri komentar sangat membantu.

Pada saat yang sama, agak menakutkan mengetahui bahwa orang sekarang dapat meninggalkan komentar yang tidak dapat saya lihat di postingan saya, dan saya bertanya-tanya bagaimana fitur ini dapat memfasilitasi penindasan, penumpukan, atau pelecahan terutama jika pencipta konten dapat melihat Notes. Juru bicara Meta.

Setelah menekan tombol GIF, pengguna bisa mencari GIF yang sesuai dari perpustakaan Instagram yang luas. Seteah menemukan GIF yang sesuai, ketuk GIF tersebut dan tekan tombol Send, seperti mengirim komentar pada umumnya.

Sebenarnya, fitur ini sudah diluncurkan sejak Februari 2023, namun demikian, fitur ini hanya tersedia untuk segelintir pengguna di seluruh dunia, jadi mungkin perlu waktu beberapa saat sebelum fitur ini diluncurkan ke semua pengguna di mana pun.

Tetapi sekarang, kamu bisa mencoba membalas pesan dengan GIF. Jika ku tidak menemukan tombol GIF di sebelah kolom komentar, mungkin kamu harus memperbarui Instagram ke versi terbaru. 

Instagram Terlihat Sedang Mengerjakan opsi "Super Like" 

Instagram sedang mengerjakan versi upgrade dari tombol Like untuk menunjukkan apresiasi ekstra. Menurut rincian yang dibagikan, opsi Super Like akan tersedia untuk Stories yang diposting di Instagram. Pengguna akan dapat mengetuk dan menahan tombol Suka berbentuk hati untuk memberikan Super Like pada sebuah cerita, Tapi itu akan datang dengan batasan dan pengguna hanya dapat memeberikan satu super like setiap 24 jam.

Fitur untuk menambahkan beberapa stiker baru yang memungkinkan pengguna kolaborasi dengan pengguna lain di platform. Pengguna dapat berbagi cerita dengan semua orang atau hanya teman dekat kamu, tetapi instagram sedang mengembangkan kemampuan untuk membuat daftar khusus untuk berbagi cerita.

Instagram Salah Satu Aplikasi Penyebaran Konten Negatif Sehingga Harus Ada Upaya Pencegahan Konten Negatif

Instagram memahami potensi penyalahgunaan fitur note untuk komentar tak pantas, oleh karena itu platform ini telah menerapkan beberapa upaya pencegahan, seperti :

  • Pembatasan Kata : Pengguna tidak dapat menggunakan kata-kata tertentu yang berpotensi menyinggung atauu mengandung unsur pelecahan.
  • Pelaporan : Pengguna dapat melaporkan Note yang tidak pantas kepada Instagram untuk ditinjau dan ditindaklanjuti.
  • Opsi Menonaktifkan : Pengguna memiliki pilihan untuk mematikan fitur Note di video dan Reels mereka. 

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

(ay)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar