Beli Barang di Toko Online Bakal Disemprot Disinfektan Sebelum Dikirim

Sutrisno Zulikifli . March 31, 2020

Disinfektan

Sumber foto: Pixabay

Teknologi.id - Jual beli pada toko online kian menanjak belakangan ini, menyusul mewabahnya COVID-19 dan diterapkannya social distancing, phsycal distancing, serta work from home.

Tapi, beberapa pembeli sempat ragu lantaran banyak informasi yang menyatakan, jika virus Corona COVID-19 bisa menempel pada benda-benda seperti kertas, plastik, kain pada waktu yang cukup lama.

BACA JUGA: 85 Persen Diminati, OPPO Kembali Buka Penjualan di Toko Online Populer

Demi menjaga keamanan konsumen, beberapa perusahaan e-commerce memilih untuk menyemprotkan cairan disinfektan kepada paket yang dipesan, sebelum dikirim. Seperti yang dilakukan oleh Shopee.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, memastikan, semua paket telah dibersihkan sebelum dikirim ke alamat konsumen. "Kami memastikan paket yang diterima telah di disinfektan sebelum dikirim ke pengguna, dan pengguna juga dapat memilih untuk menerima paket tanpa kontak langsung dengan pengantar," ujar Handhika dalam siaran resmi, dicuplik dari Antara, pada Selasa (31/3/2020).

Selain menjaga keamanan, Ia juga telah memastikan kepada mitra penjual untuk menjaga harga barang agar tetap wajar sesuai dengan harga pasaran. Juga, kata Handika, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan mitra logistik untuk menyampaikan barang pesanan konsumen dengan tepat waktu.

Selain itu, ada pula fitur garansi dan layanan konsumen 24 jam untuk pengguna yang punya pertanyaan atau keluhan. Di masa pandemik, pengantar barang serta agen warehouse tetap bekerja untuk melayani pesanan konsumen.

BACA JUGA: Toko Online yang Bandel Pasang Harga Selangit Bakal Diblokir Selamanya

Sebetulnya, hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan, virus Corona tidak bertahan lama pada benda-benda padat seperti besi, kerta, kain, terlebih menular lewat udara.

Hal itu juga dikuatkan berdasarkan pernyataan Dr. Leana Wen, mantan komisioner kesehatan Baltimore, AS. Ia menjelaskan, kemungkinan terpapar virus Corona dari paket sangat kecil karena biasanya paket terpapar di sinar matahari dalam waktu lama di luar ruangan.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya