Source: Teknologi.id
Teknologi.id - Senin (20/09) Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopediaterus menghadirkan beragam inovasi produk di platformnya untuk melayani lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya. Tetapi siapa sangka, ada sosok wanita yang sangat berpengaruh di balik perkembangan produk di platform marketplace hijau ini. Priscilla Anais menceritakan bagaimana perjalanan karirnya kepada tim Teknologi.id hingga berhasil memimpin sebagai Associate Vice President Product di Tokopedia. Memiliki latar pendidikan di bidang Economy Macro and Philosophy. Ketika lulus dari S1, Priscilla memulai karirnya menjadi Management Consultan. Hingga pada 2019, ketika ia mulai melanjutkan pendidikan S2. Waktu tersebut merupakan kesempatan bagi dirinya untuk bergabung dengan ke Tokopedia. Dirinya mengakui ada hal berkesan saat melakukan Interview langsung dengan William Tanuwijaya yang merupakan CEO dan Co-founder dari Tokopedia sendiri . “Saat itu karena [Tokopedia] masih sangat kecil, beliau langsung mengundang saya bekerja di Tokopedia.Beliau adalah sosok orang yang sangatpercaya dengan kemitraan. Bukan hanya kemitraan di luar, tetapi dengan aku. ‘Please join us, Kita pasti akan mengembangkan potensi kamu’. Dan benar saja, kesempatan untuk berkembang secara karir di Tokopedia sangat bisa saya rasakan,”papar Priscilla. Pada saat itu, dirinya tertarik dengan penawaran CEO tersebut dan ia mengawali kariernya sebagai Chief Office Manager lalu pindah ke Product Manager. Perannya sebagai Product Manager mengawali kariernya untuk mengenali produk lebih dalam lagi, dan setelah 3 tahun menekuni lingkup kerja di bidang produk Priscilla berhasil menjadi AVP of Product. Menghadapi dinamika digital yang sangat cepat membuat ia dan tim produknya untuk selalu belajar dan tidak cepat puas oleh hasil yang sudah dicapai. “Justru hal kemarin itu bukan alasan untuk besok menjadi biasa saja. Hal itu bisa jadi acuan baru dan memicu saya untuk terus curious, selalu melakukan research, dan terus mau lebih baik lagi.” Ujarnya Oleh karena itu, setiap ragam inovasi yang akan ia lakukan akan membutuhkan research. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti tren digital dan fokus kepada user (pengguna),sehingga pengguna yang ada di Tokopediadapat dimudahkan dalam menggunakan platform dan tetap setia dengan produk yang ditawarkan oleh Tokopedia. Priscilla mengakhiri, bahwa harapannya agar Tokopedia bisa menjadi pendamping digitalisasi bisnis - bisnis kecil dalam menghadapi pandemi untuk sekaligus mendorong pemulihan perekonomian di Indonesia. Saat ini, Tokopedia sudah memberdayakan lebih dari 11 juta penjual yang hampir 100%-nya adalah UMKM,yang melayani lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya di 99% kecamatan di Indonesia.