Ini 6 Cara yang Bisa Dilakukan Jika SIM Card Tidak Terbaca Perangkat Smartphone!

Reza Arafah Suharli . August 07, 2023

sim card

Foto: Guiding Tech

Teknologi.id - SIM Card memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan perangkat seluler yang kita miliki akan terus terhubung dengan jaringan. Dimana, SIM Card merupakan gerbang utama yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi atau pencarian informasi baik menggunakan atau tidak menggunakan internet.

Namun terkadang dalam penggunaannya, SIM Card mengalami kendala seperti tidak dapat terbaca oleh perangkat yang digunakan. Hal ini tentunya akan menganggu aktivitas komunikasi atau pencarian informasi yang dilakukan melalui perangkat. Ketika SIM Card tidak dapat terbaca oleh perangkat, ini beberapa cara yang pengguna dapat lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.  

Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Dapat Terbaca oleh Perangkat

1. Melakukan Reboot Perangkat

Ilustrasi

Ilustrasi reboot perangkat. Foto: Ideabox

Jika pengguna menggunakan perangkat Android, maka cara yang satu ini bisa dilakukan. Karena pada dasarnya sistem dalam perangkat Android memang dirancang untuk dapat memperbaiki atau mengatasi permasalahan perangkat lunak yang terjadi ketika melakukan booting.

  • Pengguna hanya perlu menekan tombol Power dan Volume secara bersamaan.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan Reboot. 
  • Perangkat akan bekerja dalam melakukan booting dalam keadaan layar yang mati. 
  • Pengguna hanya perlu menunggu proses booting selesai.
  • Selanjutnya periksa kembali apakah SIM Card sudah terbaca atau belum. 

2. Mematikan Perangkat

Ilustrasi mematikan perangkat. Foto: Texno.id

Jika dengan melakukan reboot atau restart SIM Card masih belum dapat terbaca oleh perangkat, maka pengguna dapat mencoba untuk mematikan perangkat yang dimiliki. Pengguna cukup mematikan perangkat dan menunggu selama beberapa detik hingga menit, lalu menyalakannya kembali dan memeriksa apakah SIM Card sudah kembali terbaca. Cara ini dilakkukan karena terkadang permasalahan ini muncul dikarenakan terjadinya gangguan pada jaringan SIM Card. Mematikan Perangkat dapat membantu perangkat untuk memulai ulang semua koneksi. 

Baca Juga : Hati-hati, Lebih dari 1 Miliar SIM Card di Dunia Berpotensi Diretas Hacker

3. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Mode Pesawat

Ilustrasi mode pesawat pada perangkat. Foto: Teknolah

Dengan mengaktifkan Mode Pesawat, secara tidak langsung perangkat tidak dapat menangkap sinyal apapun termasuk sinyal dari menara seluler. Ini akan memberikan kesempatan kepada perangkat untuk melakukan koneksi ulang ke jaringan SIM Card. Selanjutnya pengguna hanya perlu menonaktifkan kembali Mode Pesawat dan menunggu beberapa saat untuk melihat apakah SIM Card sudah dapat terbaca oleh perangkat.

4. Periksa SIM Card

Ilustrasi memeriksa sim card. Foto: Hybridsim

Ketiga ketiga cara diatas sudah dilakukan namun SIM Card masihlah belum terbaca, maka pengguna dapat memeriksa keadaan SIM Card yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan bila permasalahan yang terjadi disebabkan oleh SIM Card yang memiliki keadaan yang buruk. Pengguna dapat mengeluarkan SIM Card dari perangkat dan memeriksa SIM Card yang dimiliki tidak dalam keadaan patah, bengkok, atau tidak utuh. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa apakah tempat penyimpanan SIM Card masih rapat dan tidak longggar. Pengguna juga dapat memastikan bahwa SIM Card di pasang di tempat dan posisi yang tepat. 

5. Membersihkan SIM Card

Ilustrasi sim card. Foto: Dafunda.com

Ketika pengguna memeriksa SIM Card, pengguna juga dianjurkan untuk membersihkan SIM Card yang digunakan dengan tisu kering yang lembut. Pastikan untuk tidak terlalu menekan dan mengusap SIM Card secara kasar untuk menghindari terjadinya kerusakan saat pembersihan dilakukan. Karena, SIM Card yang kotor dapat menyebabkan proses pembacaan yang dilakukan perangkat terganggu. 

6. Pastikan dan Periksa Masa Berlaku dan Status Registrasi 

Ilustrasi memeriksa masa aktif dan registrasi SIM Card. Foto: Pinhome

Ketika menggunakan suatu SIM Card pastikan untuk meregistrasi kartu tersebut dengan mendaftarkan identitas diri dan pastikan proses registrasi berhasil. Karena jika tidak melakukan registrasi ataupun registrasi yang telah dilakukan gagal, dapat menyebabkan SIM Card tidak dapat digunakan dan terbaca. Selain itu, periksa masa berlaku kartu SIM Card yang digunakan. Jika masa berlaku sudah terlewat dan tidak lagi aktif maka wajar jika SIM Card yang dimiliki tidak dapat terbaca perangkat. Kedua hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi customer service dan bertanya terkait status registrasi ataupun masa berlaku SIM Card yang digunakan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Share :