Gojek Ajak Penggunanya Lebih Peduli Lingkungan Dengan Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . June 11, 2021

Foto: Medcom

Teknologi.id – Gojek hadir kembali dengan inovasi barunya dalam mengajak pelanggannya untuj lebih peduli akan lingkungan. Langkah Gojek ini dilakukan dengan opsi penyerapan jejak karbon dari kegiatan sehari-hari.

GoGreener AdopTree merupakan fitur baru yang dihadirkan Gojek yang memungkinkan para penggunanya untuk menyerap jejak karbon melalui adopsi pohon di sejumlah tempat konservasi.

Selain menyerap jejak karbon lebih banyak, pengadopsian pohon juga berdampak langsung bagi kelestarian ekosistem hutan serta hidup para petani lokal yang terlibat mengelola hutan.

Gojek di Fitur ini menggandeng perusahaan startup bidang lingkungan hidup, Jejak.in dan beberapa lembaga konservasi, antara lain ASRI (Alam Sehat Lestari), KKI WARSI Komunitas Konservasi Indonesia Warsi, dan Hutan Harapan.

Baca juga: Siap Saingi Grab-Gojek, AirAsia Rambah Bisnis Ride Hailing

Menggunakan fitur ini rupanya cukup mudah. Pertama, pengguna Gojek dapat mengakses fitur tersebut pada shuffle card halaman utama aplikasi Gojek. Lalu aplikasi akan menghitung estimasi jumlah karbon yang dihasilkan per hari.

Selanjutnya, pilih lokasi adopsi pohon yang berada di enam tempat konservasi yang dikelola oleh mitra konservator Gojek. Lalu, fitur GoGreener AdopTree akan memberikan rekomendasi pohon dari 77 jenis pohon. Rekomendasi ini disesuaikan dengan kalkulasi jejak karbon yang dihasilkan dalam setahun.

Setelah itu, pengguna dapat memilih satu dari enam lokasi yang tersedia. Selanjutnya, perhitungan rinci mengenai harga, jumlah karbon yang diserap hingga ketersediaan pohon yang dapat diadopsi dapat ditinjau sebelum proses transaksi yang telah terintegrasi dengan GoPay sehingga pelanggan tidak perlu pindah aplikasi.

"Fitur GoGreener AdopTree hadir untuk memudahkan pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Inovasi ini juga sejalan dengan ambisi kami untuk mencapai Zero Emission pada 2030 serta memperkuat perwujudan komitmen kami untuk terus meningkatkan upaya dalam mengintegrasikan aspek lingkungan dan sosial sebagai bagian penting dari perusahaan," jelas Group Head of Sustainability Gojek, Tanah Sullivan.

(MIM)


Share :