Internet Kencang akan Dibangun di Antartika, ini Tujuannya

Fabian Pratama Kusumah . November 25, 2021

Foto: USAP

Teknologi.id – Internet menjadi kebutuhan saat ini. Tidak hanya di kota besar tapi sampai daerah terpencil.

Bahkan internet kencang sampai di Antartika. Akses ini terutama diperuntukkan bagi para peneliti yang bertugas di Stasiun McMurdo.

Sebagai informasi, Stasiun McMurdo dipenuhi penelitian ilmiah sepanjang tahun ini. Dijalankan oleh US National Science Foundation (NSF), stasiun ini dikunjungi hingga 1.000 pengunjung di musim panas Antartika dari Oktober hingga Februari.

Tujuan mereka melakukan perjalanan ke sini untuk melakukan penelitian berbagai topik mulai dari iklim hingga ilmu kelautan.

Namun terlepas dari peran sentralnya dalam penelitian Antartika, McMurdo kekurangan sesuatu yang diterima begitu saja oleh kebanyakan ilmuwan yang bekerja di laboratorium abad ke-21, yakni internet kencang.

McMurdo berada di satu-satunya benua yang tidak memiliki koneksi kabel serat optik berkecepatan tinggi ke seluruh dunia. Namun, itu bisa segera berubah.

Dilansir dari The Verge, awal tahun ini, NSF mulai serius menjajaki kemungkinan membangun kabel serat optik yang akan berjalan di sepanjang dasar laut dari Antartika ke negara tetangga Selandia Baru atau Australia.

Idenya pertama kali dimunculkan sedikit lebih dari satu dekade yang lalu tetapi kehilangan daya tarik karena proyek lain diprioritaskan.

Jika upaya terbaru untuk memodernisasi internet Antartika ini berhasil, para ilmuwan mengatakan itu akan mengubah penelitian dan kehidupan sehari-hari di benua beku tersebut.

“Ini akan mengubah pengalaman mendasar hidup di Antartika,” kata Peter Neff, ahli glasiologi dan asisten profesor riset di University of Minnesota.

Baca juga: Virtual Reality Membantu Memvisualisasi Operasi pada Pasien

Para peneliti sering kali harus menyimpan data mereka di hard drive untuk dibawa pulang secara fisik ketimbang mengekspornya untuk dianalisis rekan-rekan mereka secara real time.

Kondisi ini menciptakan hambatan yang memperlambat proses penelitian ilmiah.

Dengan kehadiran internet berkecepatan tinggi, kehidupan sehari-hari dan penelitian di Stasiun McMurdo akan berubah banyak.

Para peneliti dapat melakukan streaming langsung operasi harian alih-alih mengandalkan perekam arsip, prakiraan cuaca dapat ditingkatkan, citra satelit pun dapat dianalisis secara real time, dan partisipasi proyek dapat diperluas di luar mereka yang melakukan penelitian di lapangan.

(fpk)

Share :