File Data Hilang di Flashdisk? Tenang Ikuti Cara Ini untuk Mengembalikannya

Ayu Puspita Lestari . May 09, 2024

Teknologi.id - Pernah mengalami data file hilang sendiri di komputer? atau saat kita mendapati file atau folder yang dismpan di dalam flashdisk tidak terlihat sama sekali. Tetapi saat diperiksa kapasitas flashdisk tersebut menunjukan adanya space yang terpakai. 

Sebenarnya juga file kalian masih terdapat di flashdisk, namun tidak dapat terlihat karena atribut file tersebut telah dirubah oleh virus menjadi Hidden dan Protected by Operating System. Untuk menampilkan file tersebut, show file/folder hidden saja tidak cukup di karenakan file tersebut juga diproteksi oleh operating system. 

Virus dalam komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer jelas akan menyembunyikan, merusak data  file pemilik komputer. 

Salah satu virus dikomputer yaitu virus Shortcut, jenis virus ini dapat menyembunyikan data yang ada di dalam penyimpanan.  Sehingga penting bagi kita untuk melindungi komputer kita dari viiru-virus yang ada. 

Baca juga: Terhubung ke Smartphone, BRIN Ciptakan Teknologi Biosensor Portabel Pendeteksi Virus

Terus Bagimana Jika File Kita Sudah di Hidden oleh Virus ?? Lakukan Tips ini Untuk Mengembalikan File yang Sudah Terlanjur di Hidden Virus 

1. Menampilkan File di Flashdisk dengan CMD

Jika file yang disembunyikan oleh virus itu ada di flashdisk, maka kalian jangan melakukan format karena panik. Cukup masukan flashdisk ke port USB laptop atau PC , dabuka CMD alias Command Prompt. Cara membuka CMD, sgat mudah denagan menekan shortcut keyboard, yakni tombol Window + R secara bersamaan. setelah ditekan akan muncul tab baru dan ketikan CMD di tab tersebut. Lalu tek OK.

Setelah itu, muncul tampilan CMD dilayar kalian. Hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah menentukan lokasi di mana tempat penyimpanan dengan file yang telah disembunyikan oleh virus. Contohnya flashdisk kalian terkena virus, cara untuk menentukan lokasi flashdisk yang terkena virus dapat dilakukan melalui file explorer.  Tepat di samping nama perangkat, ada huruf yang menjadi lokasi dari drive itu berada, misalnya di komputer telihat TELSETID(G:)

Huruf G ini, mnjadi lokasi keberadan flashdisk tersebut. setelah mendapatkan informasi ini, kalian dapat kembali ke layar CMD. Di layar CMD, kalian tinggal mengetikan huruf di mana lokasi flashdisk kalian berada diikuti oleh titik dua (:), lalu tekan Enter.

Jika tampilan sudah seperti yang ada digambar, itu artinya kalian sudah masuk kedalam flashdisk yang terkena virus. Hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengetikan kode attrib -s  -h  -r  -a  /s /d  diikuti dengan Enter. Setelah menunggu beberapa saat, maka semua file yang ada di flashdisk kalian secara otomatis akan muncul kembali.

2. Mengaktifkan View Hidden

Dalam window 7 atau Window 10 ada fitur yang tersimpan di Window Explorer untuk kalian gunakan dalam mengatasi hilangnya file yang disebabkan oleh virus.

Jika kalian menggunkan window 7, kalaian perlu masuk ke Control Panel, dan pilih Appearance and Personalization. Kemudihan masuk ke folder option, dan klik tab view selanjutnya, ceklis Show Hidden Files, Folder and Drives, sedangkan untuk cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop ini, Buka Windows Explorer, dan pilih tab View di kiri atas layar, kemudihan ceklis pilihan Hidden Item. 

Jika sudah melakukan cara ini, diharapkan fle yang disembunyikan oleh virus dapat muncul kembali.

3. Cara Memunculkan File dengan Notepad

Aplikasi Notepad bisa digunakan untuk memunculkaan file yang disembunyikan oleh virus. Mirip seperti CMD, Notepad juga bisa membantu kalian untuk menemukan/ mengmbalikan file penting yang disembunyikan oleh virus.

Cara memunlkan filenya dengan ketikan attrib  -r  -s  -h/s/d dan si,pan file tersebut dengan nama hilang.bat. Ingat ekstensi yang penting adalah .bat ini.

Pindahkan file tersebut ke flashdisk atau direktori di data kalian hilang. Tunggu beberapa saat, maka data yang hilang tadi akan muncul kembali.

4. Menggunakan Recuva

Aplikasi ini bisa kalian manfaatkan sebagai cara menmapilakan kembali file yang disembunyikan virus di flashdisk atau komputer.  Cara mengembalikan file yang terhidden oleh virus shortcut ini. Kalian nya perlu download dan install Recuva. Hubungkan flasdisk ke PC (dengan catatan jika file yang hilang ada di flashdisk, dan jalankan Recuva.

Kemudihan, pilih format file yang ingin dikembalikan. Saran pilih All Files saja, agar semua data penting yang hilang dikembalikan. Selanjutnya, pilih Specific location, dan pilih flashdisk atau hilang. jika sudah, tekan OK.

5. Mengecek Windows Defender

Ada file tertentu yang hilang di flashdisk, biasanya masalah ini dikarenakan sistem yang salah mengira data tersebut. Poin ini wajib kalian cek juga. Caranya seperti ini:

  • Ketik Windows Security pada kolom pencarian Windows
  • Masuk ke menu Virus kemudihan buka menu Proctection History
  • Akan muncul daftar data yang diblokir antivirus disana
  • Silahkan tekan salah satu data tersebut untuk bisa dikembalikan


Itulah tips tentang cara untuk menampilkan file disembunyikan virus di flashdisk. Perlu diingat juga selalu membackup data-data di Flashdisk secara berkala.


Baca berita dan artikel lainnya di Google News

(ay)


Share :