Source Code Windows XP Bocor Online

Indah Mutia Ayudita . September 28, 2020

Foto:  Mario Tama/Getty Images

Teknologi.id - Source code untuk Windows XP dan Windows Server 2003 dikabarkan telah bocor secara online dalam bentuk Torrent untuk kedua sistem operasi tersebut.

Ini pertama kalinya source code OS tersebut bocor untuk publik, meskipun disebut sudah beredar sejak beberapa tahun sebelumnya secara privat.

Baca juga: Microsoft Surface Duo Lulus Uji Ketahanan JerryRigEverything

Dilansir dari The Verge, Microsoft menyebutkan tengah menginvestigasi permasalahan ini karena konten yang tersebar ini adalah file yang sah dan bersifat rahasia.

Kecil kemungkinan adanya ancaman terhadap komputer yang masih menggunakan Windows XP akibat kebocoran ini. Dukungan Windows XP sendiri sudah dihentikan pada tahun 2014, meskipun ketika ada serangan WannaCry di tahun 2017 Microsoft menambahkan patch Windows XP terbaru.

Microsoft menjalankan sistem keamanan spesial yang disebut GSP (Government Security Program) yang bisa digunakan untuk mengakses source code dan konten teknikal lain.

Baca juga: Ingin Bisa Scribble di iOS 14 ? Update Dulu iWork Apps-nya

Kebocoran Windows XP ini sayangnya bukan kali pertama sistem operasi Microsoft mengalami kebocoran. Beberapa tahun lalu, setidaknya 1GB kode yang berkaitan dengan Windows 10 bocor di internet. Tak hanya sistem operasi, kode yang berhubungan dengan Xbox juga pernah bocor di internet pada bulan Mei lalu.

Tak ada informasi yang jelas mengenai seberapa banyak kode yang bocor kali ini,  namun salah seorang pakar internal Windows telah menemukan kunci yang digunakan untuk menandatangani sertifikat root pengguna NetMeeting milik Microsoft.

Bagian yang kode yang bocor juga merujuk pada sistem operasi  Microsoft Windows CE, MS-DOS dan materi lain. Anehnya, ada file yang bisa dijadikan sebagai referensi teori konspirasi Bill Gates untuk menyebarkan hoax alias informasi palsu.

(im)

Share :