Skill yang Harus Dimiliki Sales dan Marketing di Era Digital

Fabian Pratama Kusumah . April 06, 2021

Foto: Stiebp

Teknologi.id -  Dalam melakukan promosi di suatu perusahaan dibutuhkan tim marketing dan sales yang bekerja sama demi mencapai hasil yang ditargetkan.

Tim marketing atau marketer bertugas untuk menyusun konsep, menyediakan tools, termasuk menyiapkan strategi digital marketing.

Sedangkan sales menjadi ujung tombak perusahaan untuk melakukan promosi berdasarkan konsep yang telah disusun.

Maka marketer maupun sales wajib memiliki skill untuk menunjang pekerjaannya, berikut skill yang harus dimilikinya di era digital seperti ini

1. Mampu membuat copywriting

Foto: Awai

Baca juga: Tren Marketing Bisnis yang Harus Kamu Coba di 2021

Saat ini pemasaran lebih banyak dilakukan dengan menggunakan media digital, tentu saja sales dan marketer harus memiliki kemampuan menerapkan copywriting.

Copywriting merupakan rangkaian kalimat, berbentuk video, gambar atau tulisan, yang bisa memancing calon pembeli mengambil keputusan sesuai dengan keinginan sales atau konten tersebut.

2. Melakukan digital research

Foto: PSP UPI

Saat perusahaan melakukan pembaruan dan menambah produk baru, maka tim sales perlu melakukan research kembali untuk menemukan insight dari target market yang baru.

Tujuan utama tim sales melakukan research adalah untuk menemukan, mengetahui dan memahami masalah target marketnya.

Sehingga tim sales menemukan sebuah solusi berupa produk yang akan menyelesaikan masalah para target marketnya.

3. Keahlian analisis

Foto: Maxmanroe

Baca juga: Prediksi Masa Depan Digital Marketing di Era New Normal

Skill yang harus dimiliki tim sales selanjutnya adalah kemampuan menganalisa. Tim sales yang bisa menganalisis perilaku pelanggan online memiliki keunggulan yang berbeda.

Dengan mengevalusi perilaku penggunanya maka dapat memahami keinginan, kebutuhan dan solusi untuk masalah  yang dimiliki para pelanggannya.

4. Membuat penawaran

Foto: Efficy

Sesuai dengan tugas utamanya, tim sales dan marketer wajib memiliki kemampuan membuat penawaran.

Penawaran yang dilakukan bukanlah sebuah paksaan melainkan penawaran yang bisa membuat calon pelanggan tertarik apa yang ditawarkan oleh tim tersebut.

5. Manajemen waktu yang baik

Foto: Safety Skills

Baca juga: Channel Digital Marketing Paling Menguntungkan untuk Bisnis

Dengan mengatur jadwal secara spesifik, maka tim sales baik atasan maupun bawahan akan bekerja secara efisien.

Mereka tahu apa yang harus dilakukan, kapan waktu terbaik melakukan penawaran maupun tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Meskipun kedengarannya cara ini amat sederhana, cara ini cukup efektif untuk mengejar target penjualan.

Setelah mengetahui skill yang harus dimiliki sales maupun marketing apakah kamu tertarik menjadi sales yang profesional?

Jika iya, Teknologi.id memiliki kelas online premium yang menarik yaitu “Sales & Marketing Professionals with Shidqy and Dedi”.

Cukup bayar sekali, kamu bisa mengakses materi gratis seumur hidup. Di kelas ini kamu juga akan mendapatkan

  • Paham pondasi untuk jadi Sales Profesional Siap berkarir menjadi Data Scientist di perusahaan-perusahaan besar
  • Jago konsep, logika, dan trik seorang Sales
  • Live Class 2X/tiap bulan
  • Diskusi dan mentoring langsung via Telegram Grup
  • Free materi dan rekaman pembelajaran + akses seumur hidup
  • Kesempatan tanya-tanya intens bareng mentor expert
  • Dapat koneksi di dunia sales dan marketing

Fasilitas Sertifikat:

  • Belajar 3 bulan dapat sertifikat Junior Level
  • Belajar 6 bulan dapat sertifikat Basic Level
  • Belajar 1 tahun dapat sertifikat Intermediate Level
  • Belajar 2 tahun dapat sertifikat Experts Level

Jika kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa mendaftar di sini.

(fpk)

Share :