Foto: Stiebp
Teknologi.id - Dalam
melakukan promosi di suatu perusahaan dibutuhkan tim marketing dan sales yang
bekerja sama demi mencapai hasil yang ditargetkan.
Tim marketing atau marketer
bertugas untuk menyusun konsep, menyediakan tools,
termasuk menyiapkan strategi digital marketing.
Sedangkan sales menjadi ujung
tombak perusahaan untuk melakukan promosi berdasarkan konsep yang telah
disusun.
Maka marketer maupun sales wajib
memiliki skill untuk menunjang pekerjaannya, berikut skill yang harus
dimilikinya di era digital seperti ini
1. Mampu membuat copywriting
Foto: Awai
Baca juga: Tren Marketing Bisnis yang Harus Kamu Coba di 2021
Saat ini pemasaran lebih banyak
dilakukan dengan menggunakan media digital, tentu saja sales dan marketer harus
memiliki kemampuan menerapkan copywriting.
Copywriting merupakan rangkaian
kalimat, berbentuk video, gambar atau tulisan, yang bisa memancing calon pembeli
mengambil keputusan sesuai dengan keinginan sales atau konten tersebut.
2. Melakukan digital research
Saat perusahaan melakukan
pembaruan dan menambah produk baru, maka tim sales perlu melakukan research kembali untuk menemukan insight dari target market yang baru.
Tujuan utama tim sales melakukan research adalah untuk menemukan,
mengetahui dan memahami masalah target marketnya.
Sehingga tim sales menemukan
sebuah solusi berupa produk yang akan menyelesaikan masalah para target
marketnya.
3. Keahlian analisis
Foto: Maxmanroe
Baca juga: Prediksi Masa Depan Digital Marketing di Era New Normal
Skill yang harus dimiliki tim
sales selanjutnya adalah kemampuan menganalisa. Tim sales yang bisa
menganalisis perilaku pelanggan online memiliki keunggulan yang berbeda.
Dengan mengevalusi perilaku
penggunanya maka dapat memahami keinginan, kebutuhan dan solusi untuk masalah yang dimiliki para pelanggannya.
4. Membuat penawaran
Sesuai dengan tugas utamanya, tim
sales dan marketer wajib memiliki kemampuan membuat penawaran.
Penawaran yang dilakukan bukanlah
sebuah paksaan melainkan penawaran yang bisa membuat calon pelanggan tertarik
apa yang ditawarkan oleh tim tersebut.
5. Manajemen waktu yang baik
Foto: Safety Skills
Baca juga: Channel Digital Marketing Paling Menguntungkan untuk Bisnis
Dengan mengatur jadwal secara
spesifik, maka tim sales baik atasan maupun bawahan akan bekerja secara
efisien.
Mereka tahu apa yang harus
dilakukan, kapan waktu terbaik melakukan penawaran maupun tenggat waktu untuk
menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
Meskipun kedengarannya cara ini
amat sederhana, cara ini cukup efektif untuk mengejar target penjualan.
Setelah mengetahui skill yang harus dimiliki sales maupun marketing apakah kamu tertarik menjadi sales yang profesional?
Jika iya, Teknologi.id memiliki
kelas online premium yang menarik yaitu “Sales & Marketing Professionals
with Shidqy and Dedi”.
Cukup bayar sekali, kamu bisa
mengakses materi gratis seumur hidup. Di kelas ini kamu juga akan mendapatkan
- Paham pondasi untuk jadi Sales Profesional Siap berkarir menjadi Data Scientist di perusahaan-perusahaan besar
- Jago konsep, logika, dan trik seorang Sales
- Live Class 2X/tiap bulan
- Diskusi dan mentoring langsung via Telegram Grup
- Free materi dan rekaman pembelajaran + akses seumur hidup
- Kesempatan tanya-tanya intens bareng mentor expert
- Dapat koneksi di dunia sales dan marketing
Fasilitas Sertifikat:
- Belajar 3 bulan dapat sertifikat Junior Level
- Belajar 6 bulan dapat sertifikat Basic Level
- Belajar 1 tahun dapat sertifikat Intermediate Level
- Belajar 2 tahun dapat sertifikat Experts Level
Jika kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa mendaftar di sini.
(fpk)
Tinggalkan Komentar