Rekomendasi Aplikasi Lari Terbaik 2024

Vanessa Netanya . August 30, 2024

Foto: Nike


Teknologi.id - Lari menjadi pilihan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Gunakan aplikasi terbaik untuk menghitung kecepatan dan jarak lari yang dapat memaksimalkan olahraga Anda.

Olahraga lari menjadi kegiatan yang sedang populer belakangan ini. Media sosial banyak menampilkan unggahan orang-orang yang sedang berlari, tidak lupa menyematkan tracking dari hasil lari. Tidak hanya sebagai trend, banyak kalangan yang mulai rutin berlari guna menjaga kesehatan tubuh.

Setiap orang dengan jasmani yang memumpuni bisa melakukan olahraga ini. Tidak ada alat tambahan khusus yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga lari. Paling tidak membutuhkan sepatu lari untuk menjaga kaki agar tidak sakit, serta meminimalisir cedera.

Dengan kemudahan tersebut, perlu juga untuk mengetahui waktu dan kecepatan ketika berlari. Data tersebut sangat berguna untuk melacak stamina pelari, juga mengetahui batasan maksimal tubuh. Penghitung jarak lari juga dapat menjadi acuan untuk olahraga selanjutnya.

Pelacak tersebut sudah tersedia dalam aplikasi yang dapat diunduh melalui ponsel, yang dapat menghitung kecepatan dan jarak secara real time

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat dipilih sebagai teman berlari Anda.

  • adidas Running: Walk & Run App

Rekomendasi yang pertama adalah adidas Running: Walk & Run App. Aplikasi lari ini dikelola oleh perusahaan adidas dan mendapat rating 4,9.

Melalui adidas Running, pengguna dapat menghitung kecepatan, jarak, waktu, durasi, dan hitungan lainnya ketika berlari. Terdapat juga level yang dapat dipilih, seperti jarak tempuh 3K, 5K, hingga 10K. Selain lari, terdapat 100 aktivitas lainnya yang dapat dipilih, meliputi bersepeda, mendaki, tennis, yoga, dan lain-lain.

Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan perangkat smartwatch, sehingga Anda tidak perlu membawa ponsel ketika berlari.

adidas Running: Walk & Run App dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

  • Strava: Run, Bike, Hike

Aplikas Strava sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang yang gemar berlari. Penggunaan Strava ikut menjadi tren bersamaan dengan naiknya popularitas olahraga tersebut. Tidak perlu diragukan, aplikasi ini menjadi rekomendasi selanjutnya dengan rating 4,9.

Strava memungkinkan penggunanya untuk menghitung kecepatan, jarak, waktu, durasi, dan hitungan lainnya ketika berlari. Terdapat juga 30 olahraga lainnya, seperti bersepeda, memanjat, dan yoga.

Uniknya, pengguna aplikasi ini dapat saling terhubung untuk berbagi momen olahraga. Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan perangkat smartwatch.

Strava: Run, Bike, Hike dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

  • Nike Run Club: Running Coach

Perusahaan Nike juga turut membuat aplikasi lari. Nike Run Club: Running Coach memiliki performa yang baik dengan rating 4,9.

Pada dasarnya, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur penghitung jarak, kecepatan, durasi, dan hitungan lain seperti aplikasi sebelumnya. Poin tambahan bagi aplikasi ini yaitu menyediakan fitur "Coach" atau pelatih yang dapat membantu pengguna dalam berolahraga.

Aplikasi ini dapat dihubungkan dengan perangkat smartwatch.

Nike Run Club: Running Coach dapat diunduh melalui App Store dan Google Play.

  • Running Walking Jogging Goals

Rekomendasi aplikasi lari selanjutnya jatuh kepada aplikasi Running Walking Jogging Goals. Aplikasi ini memiliki rating 4,9.

Seperti namanya, aplikasi ini dapat melacak pergerakan lari pengguna ketika melakukan pergerakan tubuh, seperti lari, joging, jalan kaki, dan masih banyak lagi. Pengguna dapat memilih training plans sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dengan waktu yang berbeda-beda pula. Terdapat juga voice coach yang dapat memberitahu perhitungan lacakan melalui audio.

Running Walking Jogging Goals dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

  • Relive: Hike & Ride Memories

Relive: Hike & Ride Memories menjadi pilihan aplikasi yang cocok bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas di luar ruangan. Aplikasi ini memiliki rating 4,9.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur kebutuhan olahraga yang lengkap, seperti penghitung jarak, kecepatan, durasi, dan hitungan lain. Terdapat pilihan peta 3D sebagai penunjuk rute.

Pengguna dapat menandai tempat atau rute yang disukai dan membagikannya ke orang-orang terdekat sebagai motivasi.

Relive: Hike & Ride Memories dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

  • ASICS Runkeeper - Running App

Perusahaan ASICS juga turut membuat aplikasi pelengkap olahraga lari. ASICS Runkeeper memiliki rating 4,8.

Aplikasi ini dapat menjadi panduan bagi pemula hingga pelari berpengalaman, untuk menghitung kecepatan, jarak, waktu, durasi, dan hitungan lainnya ketika berlari. Terdapat juga training plans dan tantangan yang dapat digunakan oleh penggunanya guna mencapai target tertentu.

ASICS Runkeeper dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.


Baca juga: Apa itu Aplikasi Strava? 3 Fitur Utama dan Cara Menggunakannya


  • Map My Run by Under Armour

Map My Run by Under Armour juga menjadi pilihan aplikasi untuk olahraga lari. Aplikasi ini bertengger dengan peringkat 4,9.

Seperti rekomendasi lainnya, aplikasi ini juga dapat melacak pergerakan lari pengguna ketika melakukan pergerakan tubuh, seperti lari, joging, jalan kaki, dan masih banyak lagi. Terdapat lebih dari 600 aktivitas yang dapat dipilih, termasuk bersepeda, gym, yoga, dan lain-lain. Pengguna dapat mengikuti jadwal pelatihan yang telah disediakan sesuai dengan tujuan yang dimiliki.

Aplikasi ini dapat tersambung pada aplikasi kesehatan lain dan smartwatch.

Map My Run by Under Armour dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

  • StepsApp Pedometer

Aplikasi dengan rating 4,9 ini menjadi penutup dari rekomendasi peneman lari Anda.

Dengan tampilan yang sederhana, StepsApp Pedometer memiliki kemampuan untuk menghitung jarak, kecepatan, durasi, dan lain-lain. Aplikasi ini juga akan mencatat setiap hasil rekaman yang dihasilkan. Terdapat "Awards" atau medali yang dapat pengguna raih ketika berhasil mencapai target tertentu.

Bagi pengguna iPhone, aplikasi ini menyediakan widget yang dapat ditampilan pada laman ponsel Anda.

StepsApp Pedometer dapat diunduh melalui App Store dan Google Play secara gratis.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi lari terbaik yang dapat Anda gunakan ketika melakukan olahraga lari.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :