Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Google Find My Device

Nimas Disri . July 24, 2020

Foto: MSPoweruser

Teknologi.id - Ponsel hilang memang sebuah malapetaka yang tentunya tidak ingin kita hadapi. Namun, ini juga tak dapat dihindari jika  harus terjadi. Banyak hal yang dikhawatirkan dari hilangnya sebuah ponsel, mengingat zaman sekarang yang serba dinamis, digital, dan fleksibel. Aplikasi yang terpasang di ponsel saat ini kebanyakan adalah aplikasi yang terhubung dengan data pribadi dan transaksi, ini menjadi hal yang sulit dihadapi jika harus kehilangan ponsel. 

Baca Juga: 7 Website Menyenangkan yang Bisa Dikunjungi Kala Bosan

Namun kamu tidak perlu khawatir berlebihan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan kembali ponselmu. Salah satunya melalui aplikasi Find My Device dan Gmail. Kebanyakan dari kita pasti memiliki akun Gmail yang aktif di setiap ponsel. Nah, berikut cara yang bisa kamu ikuti untuk melacak ponsel menggunakan aplikasi Find My Device:

1. Unduh Aplikasi Find My Device

Aplikasi ini harus kamu unduh dan pasang terlebih dahulu di perangkat lain, misalnya ponsel milik teman atau orang tua. 

2. Login Menggunakan Gmail

Foto: Tribun

Inilah pentingnya mengingat email dan password Gmail. Dalam keadaan genting seperti kehilangan ponsel ini, kamu harus login dengan menggunakan akun Gmail di aplikasi Find My Device. Pilih opsi Sign In as Guest untuk masuk ke akun Gmail yang sesuai dengan akun Gmail di ponselmu yang hilang. 

3. Temukan Lokasi Ponsel

Foto: Tribun

Sebelum menemukan di mana lokasi hilangnya ponselmu, Google akan meminta perizinan untuk mengakses lokasi. Klik Allow untuk melanjutkan dan secara otomatis, Find My Device akan menemukan lokasi terakhir ponsel kamu yang hilang. 

4. Temukan Petunjuk Arah

Jika kamu ingin menuju lokasi hilangnya ponsel seperti yang telah ditetapkan oleh Find My Device, ketuk ikon berwarna hijau. Ikon ini akan menunjukkan lokasi ponsel dan pilihlah opsi Google Maps. Fitur ini akan otomatis mengalihkan layar menjadi Google Maps untuk mengarahkan kamu ke lokasi hilangnya ponsel. 

Baca Juga: 7 Masalah Ini Sering Terjadi di HP Android, Begini Cara Mengatasinya

Gimana, mudah bukan cara melacaknya? Untuk yang sedang kehilangan ponsel, semoga cara ini membantu kalian. Artikel ini bisa kamu simpan juga untuk berjaga-jaga jika terjadi kehilangan nantinya. 

(nd)

Share :