3 Serangan Siber Rusia Terbesar yang Pernah Dilakukan

Fabian Pratama Kusumah . March 24, 2022

Foto: ABC News

Teknologi.id - Rusia adalah salah satu negara adidaya dunia maya dengan persenjataan alat siber yang serius, dan para peretas yang mampu melakukan serangan siber yang mengganggu dan berpotensi merusak.

Dilansir BBC, berikut ini serangan siber yang diduga dilakukan Rusia:

1. BlackEnergy

Ukraina sering digambarkan sebagai taman bermain peretasan Rusia, yang telah melakukan serangan di sana tampaknya untuk menguji teknik dan alat.

Pada tahun 2015 jaringan listrik Ukraina terganggu oleh serangan siber yang disebut BlackEnergy, yang menyebabkan pemadaman jangka pendek bagi 80.000 pelanggan perusahaan utilitas di Ukraina barat.

Hampir tepat setahun kemudian serangan cyber lain yang dikenal sebagai Industroyer mengambil alih listrik sekitar seperlima dari Kyiv , ibukota Ukraina, selama sekitar satu jam.

2. NotPetya

NotPetya dianggap sebagai serangan siber paling mahal dalam sejarah. Otoritas AS, Inggris, dan UE menyalahkan sekelompok peretas militer Rusia.

NotPetya disembunyikan dalam pembaruan perangkat lunak akuntansi populer yang digunakan di Ukraina.

Akan tetapi serangan tersebut menyebar ke seluruh dunia dan menghancurkan sistem komputer ribuan perusahaan serta menyebabkan kerugian sekitar $10 miliar.

3. Colonial Pipeline

Baca juga: Mengenal Trojan Nopen, Senjata Siber Milik AS yang Mengerikan

Pada Mei 2021, keadaan darurat diumumkan di sejumlah negara bagian AS setelah peretas menyebabkan jaringan pipa minyak yang paling dibutuhkan ditutup.

Colonial Pipeline membawa 45 persen pasokan solar, bensin, dan bahan bakar jet di pantai timur dan pasokan itu menyebabkan kepanikan di pompa-pompa.

Serangan ini tidak dilakukan oleh peretas pemerintah Rusia, tetapi oleh kelompok ransomware DarkSide, yang diduga berbasis di Rusia.

Perusahaan pipa tersebut mengaku membayar penjahat 4,4 juta dolar AS atau sekitar Rp63 miliar dalam Bitcoin yang sulit dilacak, untuk mendapatkan kembali sistem komputer.

(fpk)

Share :