Mengenal Trojan Nopen, Senjata Siber Milik AS yang Mengerikan

Fabian Pratama Kusumah . March 16, 2022

Foto: HackRead

Teknologi.id - China menangkap alat mata-mata yang digunakan oleh Badan Keamanan Nasional AS (NSA), yang mampu bersembunyi di komputer korban untuk mengakses informasi sensitif.

Alat tersebut ditemukan telah mengendalikan peralatan internet global dan mencuri sejumlah besar informasi pengguna, menurut laporan Global Times.

Dalam laporan milik pemerintah China menyebut, alat spionase siber itu bernama Trojan Nopen.

Nopen adalah alat kendali jarak jauh untuk sistem komputer Unix/Linux. Utamanya digunakan untuk mencuri file, mengakses sistem, mengarahkan komunikasi jaringan, dan melihat informasi perangkat target.

Laporan itu muncul setelah NSA terungkap telah meluncurkan serangan siber terhadap 47 negara dan wilayah selama satu dekade, dengan departemen pemerintah China, perusahaan teknologi tinggi, dan lembaga terkait militer di antara target utama.

Di bawah pengawasan NSA, privasi dan informasi sensitif dari ratusan juta orang di seluruh dunia terungkap.

Pakar keamanan siber mengatakan bahwa begitu Trojan ditanamkan ke komputer korban, ia akan menjadi "pengintai" yang menunggu "kode" dan membuka "pintu brankas" bagi peretas.

Baca juga: Ukraina Pakai Teknologi AI untuk Hadapi Serangan Rusia

Trojan juga dapat mengubah komputer korban menjadi menara jembatan, memungkinkan peretas masuk lebih dalam ke kelompok tempat korban bekerja dan menangkap informasi perusahaan.

Menurut laporan pusat tersebut, "NOPEN" dapat mengontrol sebagian besar server dan terminal jaringan dari jarak jauh, yang dapat ditanamkan secara manual oleh penyerang, atau platform serangan siber oleh NSA.

Hal itu dapat mengeksekusi berbagai instruksi seperti pencurian informasi dan penghancuran.

Pakar tersebut mengatakan bahwa laporan pusat tersebut membunyikan alarm bagi dunia karena kemungkinan ada sejumlah besar korban yang tidak terdeteksi secara online, yang menghadapi risiko keamanan siber jangka panjang dan serius.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar