10 Tips Kerja dari Rumah Agar Tetap Produktif dan Efektif

Teknologi.id . March 18, 2020

Kerja dari Rumah

Foto: No Film School


Teknologi.id - Banyak perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia, memberlakukan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawainya.

Kebijakan ini diambil sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19. Akan tetapi, dibandingkan dengan bekerja di kantor dan berkolaborasi jarak jauh dengan kantor lain, atau bahkan WFH selama 1-2 hari, kehidupan kerja menjadi pekerja remote memiliki tantangan tersendiri.

Pasalnya, bekerja pada tim yang terdistribusi berarti membutuhkan cara yang berbeda untuk saling menginformasikan, membuat keputusan dan tetap terhubung.

Baca juga: WhatsApp Segera Rilis Fitur Hapus Pesan Otomatis, Begini Tampilannya

Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif saat sedang kerja dari rumah? Berikut beberapa tips yang bisa Kamu dan tim terapkan.

10 Tips Kerja dari Rumah

1. Tentukan dan Patuhi Jadwal Kerja

Foto: Review Geek


Sama halnya ketika bekerja di kantor, penting bagimu untuk menentukan jam kerja di rumah. Jika jam kerja fleksibel, maka Kamu bisa menentukan giliran jam kerja pagi atau malam hari.

Sebab, ketika bekerja dari rumah, Kamu akan sangat mudah terdistraksi, misalnya mengecek media sosial, melakukan pekerjaan rumah, atau kegiatan lainnya di luar pekerjaan.

2. Perbarui Status di Slack

Foto: Medium Tucker Kline


Ini penting dilakukan agar kolega tahu kapan Kamu sedang online atau offline. Ketika bekerja dari rumah dengan menggunakan media Slack, Kamu harus bersikap jauh lebih proaktif daripada saat bekerja di kantor, lantaran respon cepat tanggap sangat penting dilakukan selama WFH!

3. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman

Foto: Review Geek


Selain menentukan jam kerja, pastikan juga Kamu memiliki ruang sendiri untuk bekerja. Tak mesti kamar khusus, ruang kerja bisa berupa sudut di rumah atau dimana saja yang mendukung kenyamananmu dalam bekerja.

Baca juga: Sudah Boleh Pulang, Pasien 03 Beberkan Cara Sembuh dari Virus Corona

4. Pastikan Keluarga Tahu Kamu Bekerja

Foto: CNBC.com


Pastikan keluarga, kerabat, atau teman tahu bahwa meski Kamu berada di rumah, bukan berarti dalam keadaan santai. Beri tahu mereka perihal jam kerja dan kapan Kamu tidak bisa diganggu karena memiliki tanggung jawab untuk tetap bekerja.

5. Bagi Kamu yang Memiliki Anak

Foto: WNEP.com


Jangan harap anak-anak kecil tidak akan berdampak pada waktu kerja. Mereka bahkan mungkin secara spontan bergabung dengan Kamu meskipun dalam situasi rapat. Itu hal yang wajar.

Rekan kerjamu akan memahami bahwa saat WFH, Kamu akan berperan ganda, yakni sebagai orang tua untuk anak-anakmu dan juga sebagai pegawai. Takkan ada yang keberatan jika Kamu berhenti sejenak dalam rapat untuk berperan menjadi orang tua untuk anak-anakmu.

6. Jadwalkan Istirahat

Foto: Review Geek

Atur jadwal istirahatmu secara efektif, jangan sampai dengan adanya kebijakan kerja dari rumah ini membuatmu berlebih-lebihan dalam istirahat dan akhirnya mengganggu pekerjaan.

Beristirahatlah secara teratur di siang hari dan menjauhlah dari laptop. Istirahat singkat setiap 1 atau 2 jam sangat dianjurkan!

Baca juga: Microsoft Rilis Peta Real Time Penyebaran Virus Corona di Dunia

7. Pertimbangkan Penerapan Komunikasi dengan Tim Melalui Slack atau Email

Foto: Engadget


Hal ini dilakukan sebagai alternatif untuk panggilan video lantaran stabilitas WiFi milik masing-masing anggota tim bisa sangat bervariasi.

8. 👋Gunakan Emoji!

Foto: Range


Kedengarannya konyol, tetapi berkomunikasi dengan rekan kerja via pesan instan takkan bisa memperlihatkan raut wajah serta nada bicaramu. Nah, untuk memperjelas hal-hal yang ingin disampaikan dan agar tidak terjadi salah persepsi, Kamu bisa menggunakan emoji yang tersedia sesuai apa yang ingin disampaikan.

TIP PRO: Di Mac, tarik keyboard Emoji menggunakan "control + command + spacebar

9. Komunikasi Mendalam dengan Tim

Foto: Review Geek


Bekerja dari jarak jauh dengan segala keterbatasan seringkali menimbulkan kesalahan persepsi antar rekan kerja.

Untuk itu disarankan agar Kamu mengkomunikasikan segala detail pekerjaan antar rekan kerja dengan lebih mendalam untuk mengurangi potensi ketidakcocokan pendapat.

10. Manfaatkan Waktu

Foto: Forbes

Karena Kamu akan berada di rumah, tentunya Kamu bisa lebih memanfaatkan waktu luang untuk memenuhi tujuan pribadi yang ada di "to-do-list".

Kamu bisa belajar resep masakan baru, membereskan kebun saat istirahat makan siang, atau belajar bahasa dan skill baru untuk menunjang karirmu. Fleksibilitas waktu adalah sebuah kegembiraan yang harus dimanfaatkan.

Baca juga: AS Darurat Corona, Jack Ma Donasi 500 Ribu Alat Tes Virus Corona dan 1 Juta Masker

Itulah beberapa tips yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika sedang kerja dari rumah. Selamat mecoba dan semoga membantu.

(dwk)

Share :