Teknologi.id - Banyak perusahaan di dunia, termasuk di Indonesia, memberlakukan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawainya.
Kebijakan ini diambil sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19. Akan tetapi, dibandingkan dengan bekerja di kantor dan berkolaborasi jarak jauh dengan kantor lain, atau bahkan WFH selama 1-2 hari, kehidupan kerja menjadi pekerja remote memiliki tantangan tersendiri.
Pasalnya, bekerja pada tim yang terdistribusi berarti membutuhkan cara yang berbeda untuk saling menginformasikan, membuat keputusan dan tetap terhubung.
Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif saat sedang kerja dari rumah? Berikut beberapa tips yang bisa Kamu dan tim terapkan.
10 Tips Kerja dari Rumah
1. Tentukan dan Patuhi Jadwal Kerja
2. Perbarui Status di Slack
3. Siapkan Ruang Kerja yang Nyaman
Selain menentukan jam kerja, pastikan juga Kamu memiliki ruang sendiri untuk bekerja. Tak mesti kamar khusus, ruang kerja bisa berupa sudut di rumah atau dimana saja yang mendukung kenyamananmu dalam bekerja.
Pastikan keluarga, kerabat, atau teman tahu bahwa meski Kamu berada di rumah, bukan berarti dalam keadaan santai. Beri tahu mereka perihal jam kerja dan kapan Kamu tidak bisa diganggu karena memiliki tanggung jawab untuk tetap bekerja.